Teknologi

Kolaborasi Laboratorium Akustik ITB, Kairos Multi Jaya Gelar Workshop Integrasi Akustik Bangunan dan Profesional Audio

JAKARTA, RETENSI.ID – PT Kairos Multi Jaya berkolaborasi dengan Laboratorium Akustik Institut menggelar Workshop Integrasi Akustik Bangunan dan  Profesional Audio.

Workshop tersebut diselenggarakan di Auditorium IPTEKS Campus Center Timur ITB, Jalan Ganesha, Kota Bandung, Jawa Barat selama dua hari, yakni 4-5 Juni 2024.

Board of Director PT. Kairos Multi Jaya, Johannes Martin Wijaya menyampaikan workshop dihadiri oleh pelajar, mahasiswa, kalangan profesional di bidang akustik dan sound system, serta masyarakat umum.

Peserta workshop pun katanya tidak hanya berasal dari Kota Bandung, melainkan dari berbagai kota seperti Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya.

Pada hari pertama, Dosen Fakultas Teknologi Industri ITB, Ir. Anugrah Sabdono Sudarsono, S.T., M.T., Ph.D., IPM menyampaikan materi konsep akustik ruang.

Selanjutnya, Kairos Multi Jaya Engineering Team mengangkat soal dasar desain dan penerapan sistem audio serta perangkat pendukung optimalisasi pada sesi kedua.

“Hari pertama ditutup dengan kunjungan ke ke Laboratorium Echoic & Anechoic Chamber, di ruangan tersebut para peserta workshop dapat mengalami fenomena nyata salah satu satunya berada didalam ruangan dengan kadar gema minimum,” ungkap Martin dalam siaran tertulis pada Kamis (13/6/2024).

Selanjutnya pada hari kedua, Dosen Fakultas Teknologi Industri ITB, Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, M.T., Ph.D menyampaikan materi terkait integrasi sistem tata suara dengan kondisi akustik ruang.

Kemudian, Kairos Multi Jaya Engineering Team menyampaikan materi tentang interaksi dan pengukuran (Live Measure) loudspeaker dalam ruangan serta optimalisasi tata suara.

Rangkaian workshop tersebut diungkapkan Martin bertujuan memadukan antara desain akustik ruangan dan seluk beluk Soundsystem.

Kedua hal ini ditegaskannya saling berkaitan dan saling mengisi.

Oleh karena itu, sebuah desain ruangan dengan tata akustik yang baik harus melewati pengukuran yang akurat dan tepat sesuai tujuan, keadaan dan kebutuhan ruangan itu sendiri.

Sehingga lebih mudah dalam proses pemilihan, penataan, hingga pengaturan soundsystem.

“Selain itu, dengan diadakannya worksop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan yang komprehensif tentang pengendalian ragam bunyi yang dihasilkan dari suatu bangunan berikut dengan seperangkat audio yang lebih mendetail kepada peserta,” jelasnya.

PT NEC Indonesia Pamerkan Smart Transportation System di ITS APAC Forum 2024

/

Jakarta, Indonesia – Sebagai pemimpin global dalam transportasi, NEC telah mendukung banyak kota di dunia untuk mengatasi tantangan dalam mengelola sistem transportasi umum dan angkutan massal guna mengurangi kemacetan lalu lintas. Untuk mendukung transformasi digital di sektor transportasi Indonesia, NEC berpartisipasi dalam ke-19 yang diselenggarakan pada tanggal 28 – 30 Mei 2024 di Jakarta Convention Centre.

Transportasi umum tengah mengalami perubahan. Dibebani dengan pertimbangan anggaran yang kian terbatas, pengelola transportasi umum harus meningkatkan efisiensi melalui penggunaan data dan integrasi sistem yang lebih baik untuk menjadi lebih fleksibel dan responsif terhadap perubahan.

Menyadari kebutuhan akan sistem transportasi cerdas yang aman dan lancar, NEC telah mengembangkan portofolio solusi yang dapat membantu mengatasi perubahan dan tantangan yang dihadapi oleh operator angkutan umum dan membuat angkutan umum lebih mudah diakses, hemat biaya, dan efisien. NEC menampilkan inovasi terkini antara lain Transit Management System (TMS), Facial gate system, Account-Based Ticketing (ABT), dan Crowd Detection System dalam ITS Asia Pacific Forum 2024.

, Presiden Direktur NEC Indonesia, mengatakan, “NEC berupaya memberikan solusi yang berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat dekarbonisasi melalui solusi TIK. NEC Transit Management System (TMS) menyediakan pemantauan real-time pada pengoperasian bus yang meningkatkan efisiensi dalam perencanaan armada untuk mengurangi konsumsi bensin berlebih. Tiket Berbasis Akun/ Account-Based Ticketing (ABT) NEC menawarkan berbagai sistem autentikasi yang lebih sesuai dengan skenario penggunaan dan lingkungan operator seperti kode QR atau pembayaran biometrik yang akan menjadi cara baru dalam sistem tiket tanpa kertas dan tanpa kontak.”

Solusi transportasi NEC telah diterapkan oleh otoritas lokal di seluruh dunia untuk medukung kehidupan yang lebih berkelanjutan bagi masyarakat dengan peningkatan infrastruktur yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman transportasi umum secara menyeluruh. Teknologi-teknologi ini dipresentasikan di booth NEC selama acara tiga hari tersebut.

ITS Asia Pacific Forum 2024 diharapkan dapat menjadi platform signifikan bagi pengembang mobilitas cerdas dan pengembangan ekosistem transportasi digital. Acara ini bertujuan untuk mempertemukan para pemangku kepentingan utama, pakar, pembuat kebijakan, pemimpin industri, dan pengembang teknologi untuk bertukar ide, memamerkan inovasi, dan mendiskusikan kemajuan terkini dalam sistem transportasi cerdas (ITS) dan mobilitas cerdas.

 

Tentang

NEC pertama kali mendirikan kantor perwakilannya di Jakarta pada tahun 1968. Hingga saat ini, PT NEC Indonesia terus memainkan peranan penting dalam mememberikan solusi TIK yang inovatif untuk mempromosikan keselamatan, keamanan, dan meningkatkan kualitas hidup individu dan masyarakat.

Sebagai penyedia teknologi informasi dan komunikasi terkemuka, PT NEC Indonesia memberikan layanan dan teknologi kelas dunia termasuk jaringan telekomunikasi, identifikasi biometrik, solusi-solusi cerdas untuk Bank dan Jasa Keuangan lainnya, Transportasi Umum dan Logistik, Ritel, Manufaktur, serta dan infrastruktur pemerintah dan perusahaan untuk mendukung perjalanan transformasi digital. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami di http://id.nec.com/

Jokowi Resmi Luncurkan Super Apps INA Digital

Presiden Joko Widodo () meluncurkan milik pemerintah INA Digital. ini menyatukan ribuan aplikasi pelayanan publik dari berbagai instansi pemerintah.

Jokowi menunjuk sebagai Indonesia. Peruri akan memimpin integrasi pelayanan sistem pemerintahan digital mulai saat ini.

“Satu portal terintegrasi yang kita namakan INA Digital. Memang ini adalah tahap awal kita memulai, tetapi enggak apa-apa, saya kira migrasinya memang harus bertahap,” kata Jokowi dalam peluncuran INA Digital di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/5).

Jokowi mengatakan permasalahan digitalisasi pelayanan publik selama ini tak terintegrasi. Ada sekitar 27 ribu aplikasi yang dibuat seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah hingga saat ini.

Dia mencontohkan, Kementerian Kesehatan misalnya, memiliki sekitar 400 aplikasi. Menurut Jokowi, hal ini harus diubah dengan INA Digital.

“Mulai tahun ini berhenti membuat aplikasi yang baru, berhenti membikin platform-platform baru. Setop!” ujarnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengatakan INA Digital akan berisi sembilan pelayanan publik di tahap awal.

Super Apps itu akan mencakup pelayanan digital administrasi kependudukan, pendidikan, kesehatan, kepolisian, bantuan sosial, dan keimigrasian. Beberapa di antaranya pengurusan SIM, STNK, paspor, hingga BPJS Kesehatan.

“Ke depan masyarakat hanya perlu satu login dan mengisi data untuk mengakses berbagai layanan dalam satu portal dalam data pribadi yang aman tanpa perlu fotokopi KTP,” ucap Anas dalam peluncuran tersebut.

iBooming dan TikTok Jadi Inisiator Kolaborasi MCN

/

JAKARTA, RETENSI.ID – Semakin marak dan terus bertambahnya jumlah , Seller dan di membuat sebagai showcase platform terbesar nomor 1 di Asia Tenggara mengambil langkah inisiatif kolaborasi seluruh (Multi-Channel Networks). Inisiasi dari iBooming ini mendapatkan dukungan langsung dari TikTok Indonesia, TikTok Affiliate Partner dan . iBooming mengumpulkan seluruh MCN di Jabodetabekjur dalam kegiatan “TikTok iBooming Conference Network” pada Selasa, 21 Mei 2024 di Jakarta Selatan.

“Kami percaya itikad yang baik akan memberikan hasil yang baik juga, karena sudah zamannya kolaborasi bukan lagi kompetisi apalagi polarisasi. Sehingga, kami berinisiatif untuk pertama kalinya menjadi wadah penyatuan untuk lebih suksesnya seluruh MCN di Indonesia,” ujar Tony Sahputra, Head of Public Relations iBooming dalam membuka kegiatan conference.

Satria Kartika, Head of Business Development iBooming menegaskan bahwa iBooming hanya berperan sebagai platform, tidak lebih dan tidak kurang.

“Peran iBooming sebagai Platform dengan fitur iBoss yang pasti akan sangat membantu seluruh MCN. Salah satu mitra utama kami yaitu Tik Star Media bahkan sampai saat ini selalu menduduki peringkat nomor 1 di TAP Ranking TikTok Shop ,” pungkasnya.

Kegiatan ini turut dimeriahkan oleh berbagai kalangan dari TikTok, TAP, MCN, bahkan Andy Raka yang turut memberikan testimoni sebagai pengguna tetap iBooming dalam 2 tahun terakhir. “Sudah 2 tahun saya menggunakan iBooming dan berharap lebih banyak creator pakai aplikasi ini karena sangat membantu saya menambah penghasilan dan dapat produk yang sesuai,” ucap Andy Raka.

Per Mei 2024 ini, iBooming sudah memiliki 1.000.000+ User Creator, 2.000+ Brand Seller dan 10.000+ Leader. Sehingga, segala kendala utama MCN dalam menghandle creator dan mencari brand secara banyak sekaligus sudah tidak menjadi kendala kembali. Pertumbuhan angka yang semakin masif ini juga diharapkan dapat menjadi solusi positif untuk seluruh MCN di seluruh Indonesia.

iBooming Libatkan Maklon dalam Manufacture Business Sharing 2024

/

 JAKARTA, RETENSI.ID – iBooming (Official Affiliate Partner) sebagai asisten untuk membantu para dan melalui TikTok mengadakan kegiatan Manufacture Sharing 2024 pada Jumat, 23 Februari 2024 di Jakarta Selatan.

Kegiatan ini melibatkan para pelaku manufaktur atau produsen brand dari berbagai kota besar di Indonesia, dengan tujuan sebagai pintu kolaborasi untuk masa depan afiliasi TikTok. Tony Sahputra, Head of Communication and Public Relation iBooming menyampaikan pesan optimis untuk potensi kolaborasi.

“Kami selalu membuka pintu kolaborasi selebar mungkin, karena kami optimis yakin akan masa depan afiliasi TikTok yang cerah di Indonesia, Asia bahkan dunia.” Ujar Tony dalam membuka kegiatan Manufacture Business Sharing 2024.

Kegiatan berlangsung dengan presentasi prospek dan diakhiri dengan tanya jawab dan ramah tamah. iBooming selalu berusaha menghadirkan solusi terbaik untuk para brand dan influencer TikTok melalui penggunaan AI (Artificial Intelligence). Hadirnya di 5 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Philippines serta telah menjadi yang terbaik di Asia Tenggara menunjukkan bukti keseriusan iBooming dalam memajukan afiliasi TikTok di kancah Asia bahkan dunia.

“iBooming hadir sebagai solusi, memilih iBooming berarti Anda sudah menghemat biaya, waktu dan energi dalam mempromosikan produk Anda seluas mungkin, dengan influencer yang tepat ke audiens yang tepat,” pungkas Satria Kartika, Head of Business Development iBooming kepada awak media.

Harapannya para pelaku manufaktur dari seluruh Indonesia bisa mulai mempromosikan jasa dan produknya melalui iBooming untuk memaksimal penggunaan TikTok dan meraih keuntungan tanpa batas.

Hingga saat ini, setidaknya sudah ribuan brand dan 800.000 lebih influencer yang telah bergabung dan merasakan manfaat dari menggunakan iBooming.

Tentang iBooming 

iBooming adalah perusahaan teknologi yang fokus dalam pengembangan solusi AI untuk industri konten digital. Melalui , iBooming membantu influencer dan brand untuk mengoptimalkan strategi konten, memperluas jangkauan, dan meningkatkan monetisasi. Dengan komitmen terhadap inovasi, iBooming bertujuan menjadi dalam perubahan industri yang didukung oleh AI, sehingga memungkinkan influencer dan brand untuk meningkatkan visibilitas produk dan mencapai kesuksesan di pasar global. Untuk informasi lebih lanjut tentang iBooming, kunjungi www.iboomingglobal.com.

Permudah Pengelolaan SDM, Ranch Market Ajak Jobseeker Company

//

() dan PT. Supra Boga Lestari Tbk ( dan ) menjalin kesepakatan berkelanjutan terkait implementasi digitalisasi perekrutan dan pengelolaan karyawan.

Kerjasama antara Jobseeker Company dengan ditandatangani langsung oleh Founder sekaligus CEO Jobseeker Company Chandra Ming dan Chief Human Capital Officer PT. Supra Boga Lestari Tbk Suharno Kusumodjojo yang telah berlangsung sejak 15 Januari 2024.

Melalui kerja sama ini, PT Supra Boga Lestari Tbk akan terus menggunakan Applicant Tracking System (ATS) yang dikembangkan oleh Jobseeker Company. Adapun penggunaan ATS membuat proses seleksi kandidat karyawan PT. Supra Boga Lestari menjadi lebih optimal dan efisien sehingga meningkatkan kualitas hasil rekrutmen atau sumber daya manusia.

“Era disrupsi di dunia kerja menuntun para pelaku industri untuk cepat beradaptasi. PT. Supra Boga Lestari menangkap ini dengan sangat baik. Digitalisasi rekrutmen karyawan dapat memenuhi kebutuhan PT. Supra Boga Lestari yang memiliki sekitar 64 toko di belasan kota menjadi lebih terpusat dan yerintegrasi dengan baik,” ujar Chandra Ming dikutip dari keterangannya Senin (29/1/2024).

Chandra Ming menambahkan, sistem digital dalam proses rekrutmen dapat meningkatkan performa keberhasilan bagi perusahaan, baik dari sisi kecepatan, pencatatan, maupun kualifikasi kandidat. Sementara dari sisi calon tenaga kerja, sistem ATS memberikan kemudahan dan menawarkan pilihan posisi kerja yang sesuai dengan masing-masing keterampilan, keahlian, pendidikan, serta domisili.

Sementara Suharno Kusumodjojo mengungkapkan dengan adanya kerja sama ini, PT Supra Boga Lestari Tbk tidak lagi tergantung kepada job portal pada umumnya, hal ini karena kami telah memiliki job portal sendiri untuk proses screening kandidat karyawan menjadi lebih optimal dan efisien sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil rekrutmen serta mempermudah pekerjaan HR.

Terlebih PT Supra Boga Lestari Tbk memiliki penyebaran toko yang massif dengan kurang lebih 64 gerai di belasan kota, seperti Jabodetabek, Semarang, Ambon, Palembang, Dumai, Pekanbaru, Surabaya, Malang, Makassar, Balikpapan, dan Samarinda. Inovasi ini dapat memutus hambatan jarak dan waktu dalam proses rekrutmen karyawan.

“Dengan jumlah cabang dan kebutuhan karyawan yang terus meningkat, kami membutuhkan percepatan eksekusi, namun tentu tidak melupakan aspek kualitas kandidat. Jangkauan operasional yang luas membuat kami membutuhkan sistem digital di hampir semua lini proses kerja,” ujar Suharno.

Solo Technopark dan SolutionLabs Buat Program untuk Ekosistem Startup dan UMKM

/

JAKARTA, RETENSI.ID dan meluncurkan program bersama untuk mendukung , , dan bakat lokal di Solo, bernama SISTEM. SISTEM merupakan kepanjangan dari Solo Initiative for Science Technology & Entrepreneurship Ecosystem.

Managing Director SolutionLabs, Pranowo Sukantyoso Putro, mengatakan bahwa peluncuran resmi ini menandai langkah besar dalam mendukung pertumbuhan industri digital di Solo Raya dan sekitarnya.

Program ini mencakup berbagai kegiatan, seperti pelatihan kewirausahaan, bootcamp untuk pengembang pemula, serta mentoring dan matching untuk startup .

“SISTEM menyasar talenta digital, startup, dan UMKM. Program yang kami susun antara lain pelatihan kewirausahaan, bootcamp untuk developer pemula, serta mentoring dan business matching bagi startup teknologi,” ujar Pranowo Sukantyoso Putro.

Peluncuran SISTEM ini turut dihadiri oleh Yudit Cahyantoro selaku BLUD UPTD Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark. Dia menyampaikan, “Kami sangat antusias melihat sinergi antara Solo Technopark dan SolutionLabs. Program ini akan menjadi pendorong signifikan bagi UMKM dan startup lokal, juga memberikan dukungan untuk mengembangkan bakat di Surakarta.”

Dalam peluncuran ini dilanjutkan dengan sesi Capacity Building dipandu oleh praktisi dari lintas industri, seperti Rifal Afandi (Tribe MSIB Solo Technopark), Abednego Danu Setyawan (Kepala Divisi Riset dan Inkubator) dan diskusi panel dengan Aira (Founder Needs), Saga Iqranegara (Ketua Umum Asosiasi Digital Kreatif), dan Totok (praktisi legal).

“Kami mengundang seluruh stakeholder ekosistem digital untuk di Solo Raya dan Jawa Tengah untuk ikut mensukseskan program SISTEM ini,” tambah Saga Iqranegara mewakili Asosiasi Digital Kreatif (ADITIF).

Pihaknya berharap SISTEM dapat menjadi solusi konkret untuk mendukung perkembangan UMKM dan startup, sembari membuka peluang bagi bakat lokal dapat mengambil posisi penting di ekosistem digital. Ke depannya, program SISTEM akan diperluas lewat berbagai kolaborasi yang akan terus digenjot.

Kemendag Minta TikTok dan Tokopedia Penuhi Regulasi

/

JAKARTA, RETENSI.ID – Kementerian Perdagangan () meminta kepada dan untuk segera menyelesaikan sistem operasional dan migrasi usai platform asal China tersebut menguasai 75% saham Tokopedia.

Dalam aturan pemerintah terbaru, media sosial dilarang sekaligus menjadi e-commerce. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Isy Karim mengatakan Kemendag tetap meminta kedua belah pihak untuk segera menyesuaikan sistem elektroniknya sesuai dengan regulasi yang ada.

“Nah untuk itu kami sudah memanggil Tokopedia terkait hal itu. Kemendag tetap meminta kedua belah pihak segera menyesuaikan sistem elektroniknya seperti back-end operations, proses migrasi, dan lain-lain,” ujar Isy.

Isy menegaskan pihaknya tidak melarang kolaborasi antara kedua platform tersebut. Asalkan tidak ada transaksi di media sosial . Dia pun memberikan waktu selama tiga bulan agar adanya pemisahan antara transaksi di media sosial.

“Nah ini kita minta comply dengan Permendag No 31 tahun 2023 yang kita minta. Kan diberikan waktu tiga bulan sama Pak Menteri. Kenapa tiga bulan? Untuk penyesuaian, kan TikTok shop-nya itu ada di luar negeri, perlu penyesuaian dan perlu waktu,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa dalam kolaborasi tersebut tidak melalui Kemendag. Isy bilang bahwa kolaborasi itu memang bentuk inisiatif dari TikTok dan Tokopedia.

Setelah peluncuran pada Hari Belanja Nasional, 12 Desember 2023 lalu, barulah pihaknya mulai memperdalami dan melakukan penelitian terkait hal tersebut.

Sebagai informasi, sebelumnya Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengakui social commerce dan e-commerce merupakan suatu hal yang berbeda, pun perizinan yang harus dilakukan juga berbeda.

Namun, menurut Zulkifli di kasus TikTok Shop ini, kedua model yang berbeda bisa di dalam satu tampilan yang sama. Menurutnya, TikTok Shop harus dibiarkan untuk jalan terlebih dahulu agar tidak berhenti berjualan. Zulhas mengaku digitalisasi ini sangat membantu UKM dan industri lokal.

Ketum ADKI: Desa Kreatif ESports Solusi Disorientasi Digital di Desa

//

Jakarta- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/yang juga Dewan Pembina Asosiasi Desa Kreatif Indonesia () Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penuh kolaborasi antara ADKI dengan IeSPA (Indonesia e-Sport Asociation) untuk mengembangkan Desa Kreatif .

Dalam “The Weekly Brief with Sandi Uno” sekaligus Syukuran HUT Ke-2 ADKI di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023), Menparekraf Sandiaga mengatakan video gim sebagai salah satu dari subsektor ekonomi kreatif di Indonesia untuk bertumbuh dengan sangat pesat. Selain itu, desa kreatif juga merupakan salah satu potensi wisata Indonesia yang sedang dikembangkan oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

Maka, dengan kehadiran Desa Kreatif e-Sport yang diinisiasi oleh ADKI dan IeSPA ini diharapkan bisa dikembangkan ekosistem E-Sport yang ada di Indonesia hingga ke pedesaan. “Desa kreatif ini bisa kita hadirkan untuk membantu agar ekosistem itu lebih terdemokratisasi sampai ke tingkat desa,” kata Sandiaga.

Dalam kesempatan serupa, Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, selaku Ketua Dewan Pembina ADKI mengungkapkan berdasarkan data yang ia peroleh, pada 2023 hampir 70 persen Indonesia adalah gamer yang memainkan dan mengunduh gim online. Selain itu pada 2028, Indonesia diperkirakan mampu menghasilkan pendapatan sebesar 491,1 juta dolar AS.

“Potensi ekonomi yang signifikan itu tentu harus kita kembangkan secara serius,” ujar Budi. Oleh karena itu, Budi berharap pengembangan desa kreatif E-Sport ini bisa menjadi salah satu dukungan dalam mengembangkan dan memperkuat ekosistem gim di Indonesia.

Ketua Umum ADKI dalam sambutannya menambahkan bahwa Desa Kreatif ESports akan membuka Lapangan Kerja Baru di Desa.

“Desa Kreatif Esports akan menjadi Lokomotif baru dalam Pemanfaatan Ekosistim Digital Desa yang terus didorong Percepatannya oleh Bapak Menkominfo RI, ini juga bentuk dukungan kami di ADKI untuk melahirkan SDM- SDM Digital di Desa yang teredukasi dengan positif sehingga meminimalisir terjadinya disorientasi digital di tingkat Desa.”

Lebih lanjut Fikri menambahkan menurut data hasil riset Satgas Internet Desa Tepat Guna (IDTG) ADKI menemukan 7 dari 10 orang Desa di Indonesia hari ini sudah terpapar Judi online yang meresahkan masa depan anak bangsa.

“Bersama Stake Holder Terkait dan Lintas Komunitas, ADKI Siap Meluncurkan 23 Pilot Desa Kreatif Esports yang akan menjadi solusi dari masif-nya disorientasi Digital di Desa!” Tutup Fikri.

Komitmen kolaborasi ini dibuktikan oleh kedua organisasi ini dalam penandatanganan MoU antara Ketua ADKI, Fikri El Aziz dan Ketua Umum IeSPA, Ibnu Riza. Penandatanganan MoU ini disaksikan oleh Menparekraf Sandiaga, Menkominfo Budi, dan Anggota Dewan Pembina IeSPA, Diaz Hendropriyono.

Kemenkeu dan UNDP Kucurkan Dana USD400 Ribu untuk Startup

/

JAKARTA, RETENSI.ID lewat Badan Layanan Umum (BLU) Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH), bersama United Nations Development Programme () akan meluncurkan program catalytic fund, kucurkan dana sebanyak USD400 ribu setara Rp6,2 miliar ke 4 Indonesia.

Direktur Utama BPDLH Joko Tri Haryanto menjelaskan, Catalytic Funding merupakan program kerja sama pendanaan dengan UNDP yang mendorong dampak terhadap lingkungan dan sosial atau environmental, social and governance (ESG). Program ini juga menggandeng Mandiri Capital .

“Jadi mekanisme pendanaan ini ada satu dana dari UNDP yang diberikan melalui kami BPDLH. Fungsinya adalah performance grand diberikan untuk startup. Ada 4 startup yang bergabung di batch pertama ini, dua terkait dengan akuakultur dan perikanan. Kemudian satu terkait waste management. Satu lagi terkait edukasi,” ujarnya.

Wakil Menteri Keuangan, mengatakan pendanaan tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah dalam memenuhi target NZE di 2060. Di APBN sendiri telah dialokasikan anggaran untuk menangani perubahan iklim secara rutin yang penggunaannya dapat dilihat pada laporan Budget Tagging on Climate Change.

“Saya menyambut baik pendanaan ini dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi dunia usaha Indonesia agar semakin memperhatikan prinsip Environmental, Social, Governance (ESG) dalam praktik bisnisnya dengan berkomitmen terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, bertanggungjawab sosial, dengan tata kelola yang berintegritas,” ujar Wamenkeu.

Ke depannya, ia berharap pendanaan berkelanjutan ini bisa menjadi model dari satu bentuk pendanaan perubahan iklim yang inovatif dan bisa menginsipirasi dunia.

1 2 3 6