Ekonomi

Permudah Pengelolaan SDM, Ranch Market Ajak Jobseeker Company

//

() dan PT. Supra Boga Lestari Tbk ( dan ) menjalin kesepakatan berkelanjutan terkait implementasi digitalisasi perekrutan dan pengelolaan karyawan.

Kerjasama antara Jobseeker Company dengan ditandatangani langsung oleh Founder sekaligus CEO Jobseeker Company Chandra Ming dan Chief Human Capital Officer PT. Supra Boga Lestari Tbk Suharno Kusumodjojo yang telah berlangsung sejak 15 Januari 2024.

Melalui kerja sama ini, PT Supra Boga Lestari Tbk akan terus menggunakan Applicant Tracking System (ATS) yang dikembangkan oleh Jobseeker Company. Adapun penggunaan ATS membuat proses seleksi kandidat karyawan PT. Supra Boga Lestari menjadi lebih optimal dan efisien sehingga meningkatkan kualitas hasil rekrutmen atau sumber daya manusia.

“Era disrupsi di dunia kerja menuntun para pelaku industri untuk cepat beradaptasi. PT. Supra Boga Lestari menangkap ini dengan sangat baik. Digitalisasi rekrutmen karyawan dapat memenuhi kebutuhan PT. Supra Boga Lestari yang memiliki sekitar 64 toko di belasan kota menjadi lebih terpusat dan yerintegrasi dengan baik,” ujar Chandra Ming dikutip dari keterangannya Senin (29/1/2024).

Chandra Ming menambahkan, sistem digital dalam proses rekrutmen dapat meningkatkan performa keberhasilan bagi perusahaan, baik dari sisi kecepatan, pencatatan, maupun kualifikasi kandidat. Sementara dari sisi calon tenaga kerja, sistem ATS memberikan kemudahan dan menawarkan pilihan posisi kerja yang sesuai dengan masing-masing keterampilan, keahlian, pendidikan, serta domisili.

Sementara Suharno Kusumodjojo mengungkapkan dengan adanya kerja sama ini, PT Supra Boga Lestari Tbk tidak lagi tergantung kepada job portal pada umumnya, hal ini karena kami telah memiliki job portal sendiri untuk proses screening kandidat karyawan menjadi lebih optimal dan efisien sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil rekrutmen serta mempermudah pekerjaan HR.

Terlebih PT Supra Boga Lestari Tbk memiliki penyebaran toko yang massif dengan kurang lebih 64 gerai di belasan kota, seperti Jabodetabek, Semarang, Ambon, Palembang, Dumai, Pekanbaru, Surabaya, Malang, Makassar, Balikpapan, dan Samarinda. Inovasi ini dapat memutus hambatan jarak dan waktu dalam proses rekrutmen karyawan.

“Dengan jumlah cabang dan kebutuhan karyawan yang terus meningkat, kami membutuhkan percepatan eksekusi, namun tentu tidak melupakan aspek kualitas kandidat. Jangkauan operasional yang luas membuat kami membutuhkan sistem digital di hampir semua lini proses kerja,” ujar Suharno.

Stellar Power Accelerator 2024 Digelar Untuk Memajukan Peran Wanita Menggerakkan Ekonomi Nasional

/

Jakarta, RETENSI.ID – Stellar Power Accelerator 2024 akan kembali digelar sebagai sebuah inisiatif yang bertujuan memperkuat UMKM yang mayoritas sebanyak 64 persen dimiliki wanita dan meningkatkan keterlibatan wanita dalam kewirausahaan dengan program pemberdayaan yang disesuaikan untuk memajukan peran mereka sebagai penggerak ekonomi nasional.

“Memasuki tahun keempat ini, komitmen kami dalam memberdayakan wanita di Indonesia semakin menguat. Stellar Power Accelerator 2024 tidak hanya bertujuan untuk menghubungkan para wanita pengusaha, namun juga menghubungkan pihak-pihak yang menjadi faktor kunci dalam kemajuan wanita pengusaha di era digital,” kata Co Founder Stellar Women Aliya Amitra dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Aliya berharap melalui program tersebut para wanita pengusaha dapat lebih berdaya dalam bersaing dan berkembang di masa depan. Stellar Power Accelerator 2024 memungkinkan wanita untuk bertemu dengan pengusaha atau profesional yang memiliki pemikiran serupa yang juga mengalami proses perjalanan bisnis sama, sehingga mereka bisa saling memotivasi untuk mengembangkan bisnis sekaligus membangun peluang bisnis di masa depan.

Stellar Women yang beranggotakan lebih dari 20.000 wanita pengusaha merupakan komunitas dan platform bagian dari media khusus wanita Womantalk yang dibuat oleh wanita untuk wanita, serta berdedikasi menginspirasi wanita dari berbagai lapisan masyarakat untuk belajar dan berkembang bersama, mencapai potensi terbaik mereka baik dalam aspek profesional maupun pribadi.

Stellar Power Accelerator adalah salah satu acara unggulan Stellar Women yang telah diselenggarakan selama 4 tahun dan berhasil menjaring lebih dari 3500 alumni, 1300 , dan 120 mentor di seluruh Indonesia. Acara ini merupakan sebuah tempat bagi calon wanita pengusaha untuk memperoleh banyak keterampilan penting yang mereka butuhkan dalam menjalankan bisnis dari pemasaran, keuangan, komunikasi, hingga keterampilan teknis dasar.

Salah satu mantan alumni dari Stellar Power Accelerator 2023 yaitu Melia Lustojoputro yang menjadi Founder Bintang Kecil menyampaikan bahwa melalui program Stellar Power Accelerator dirinya mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang sangat berharga untuk mengembangkan bisnis Bintang Kecil. Kelas-kelas yang dibawakan oleh narasumber menurut dia sangat aplikatif dan dapat langsung diterapkan ke dalam bisnis.

“Selain itu, saya juga mendapatkan jejaring dengan para womenpreneur hebat yang bisa menjadi mitra dan mentor saya. Semua pembekalan yang saya dapatkan selama 8 minggu program ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis yang sedang saya kerjakan,” kata dia.

Tahun ini, Stellar Power Accelerator 2024 bekerja sama dengan Xendit, Searce, AC Ventures dan Metrodata. COO Xendit menjelaskan pihaknya berkomitmen untuk mendukung pemberdayaan dan kesetaraan dalam organisasi dan juga komunitas. Dedikasi terhadap pemberdayaan wanita bukan sekadar komitmen, namun merupakan investasi untuk masa depan ketika inovasi kesuksesan tidak mengenal batasan jender.

“Kami menyadari pentingnya nilai keberagaman khususnya dalam memperjuangkan kesempatan bagi perempuan, sehingga kami berupaya untuk menciptakan lingkungan untuk setiap suara didengar. Kami bangga dapat berkolaborasi dengan Stellar Women dan mitra-mitra lainnya dalam Stellar Power Accelerator 2024 untuk membuka potensi dari bisnis yang dipimpin oleh wanita,” imbuh dia.

Tahun ini, Stellar Power Accelerator 2024 dengan tema “Empowering the Next Wave of Female Entrepreneurs” akan digelar pada tanggal 25 Januari – 21 Februari 2024. Acara ini terdiri atas berbagai rangkaian acara seperti workshop luring, sesi mentorship, dan kelas daring.

Sesi daring terbuka untuk publik yang bebas untuk memilih modul kelas untuk dipelajari. Sedangkan untuk sesi workshop luring, peserta yang dapat mengikuti sesi ini setidaknya sudah memiliki bisnis pada tahap early stage (1-3 tahun) dan kemudian dikurasi sehingga terpilih 100 womenpreneur yang dapat mengikuti program di dua lokasi yaitu kantor Google Indonesia (26 Januari & 1 Februari 2024) dan XenSpace (25 Januari & 2 Februari 2024) dengan total 8 kelas.

Sementara untuk sesi mentorship, terdapat beberapa wanita mentor pemimpin perusahaan dari berbagai sektor bisnis seperti (COO & Co-founder at ASTRO), Maria Sahara (Product Director Xendit), (Country Director Searce Indonesia), (Chief Marketing Officer Pinhome), (COO of Sinarmas Financial Holding), (Proxy of President Director PT Metrodata Electronics, Tbk), (Creative Lead Indonesia at Google), (Sales Lead, Mid Market Segment Xendit), dan (Founder & CEO at KLAR).

Gudang Snack TGR, UMKM Kuliner Raup Omset Miliaran Rupiah

TANGERANG, RETENSI.ID – Di tengah pesatnya pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah () di Indonesia, muncul sebagai sebuah UMKM yang menggabungkan cita rasa lokal yang unik dan kreativitas berporomosi dalam setiap produknya. Gudang Snack TGR, produk yang menjual aneka cemilan ini memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram dan untuk memasarkan produknya secara daring.

Awal mulanya, bisnis yang berasal dari Tangerang ini hanya menjadi reseller camilan baby crab. Dengan motivasi ingin mengembangkan bisnis dan memanfaatkan lahan yang ada, Gudang Snack TGR berkembang dengan menjual aneka cemilan yang tidak hanya menawarkan camilan biasa. UMKM ini dikenal dengan produk unggulannya, baso aci beraneka rasa yang menjadi favorit pelanggan. Selain itu, mereka juga memproduksi berbagai jenis makanan instan seperti cuankie instan, cimol dan snack basreng.

“Selalu termotivasi untuk membuat bisnis sendiri, selain itu bagaimana caranya kita memanfaatkan lahan yang ada dan SDM di sekitar agar usaha kita bisa bermanfaat minimal untuk warga sekitar, itu dulu motivasi dan impian kami,” ujar Rinda Yuliyanti, owner Gudang Snack TGR.

Perkembangan UMKM ini cukup pesat, dengan memanfaatkan teknologi dan media sosial khususnya TikTok dan sistem afiliasi dalam melakukan pemasaran, Gudang Snack TGR berhasil mendapatkan omset 8 Miliar dalam satu bulan. Melalui konten yang menarik dan interaktif juga mereka berhasil menarik perhatian banyak pelanggan dari berbagai wilayah. Selain itu, penyajian produk serta kualitas keaslian rasa tradisional Indonesia menjadi kunci utama kepopuleran produk ini.

Melihat kesuksesan saat ini, Gudang Snack TGR berencana untuk terus berkembang. Mereka berambisi untuk memperluas jangkauan pasar mereka dengan membuka tempat produksi kedua, sehingga akan mendukung produksi dan pengiriman produk yang lebih efisien. Gudang Snack TGR juga akan terus melakukan inovasi dengan menciptakan produk-produk baru untuk menawarkan sesuatu yang baru dan menarik bagi para pelanggan.

“Planing kami itu ingin menciptakan produk baru, tapi untuk saat ini kami terkendala di tempat produksi yg kurang memadai, maka dari itu kami berencana membuka tempat produksi kedua kami di tahun 2024 ini agar rencananya bisa terlakasana,” ujar Rinda Yuliyanti.

Gudang Snack TGR merupakan contoh nyata dari bagaimana UMKM dapat berkembang dengan memadukan inovasi produk dan cita rasa lokal. Dengan komitmen kuat terhadap kualitas dan keaslian, serta pemanfaatan teknologi, UMKM Indonesia dapat berkembang dan bersaing di pasar yang kompetitif.

“Jangan takut untuk merugi karna resikonya adalah untung. Nikmati prosesnya, tetap konsisten dan jangan lupa untuk berdoa, karna usaha tanpa adanya doa hanya akan sia-sia. Semangat terus dan maju UMKM indonesia,” tutup Rinda untuk para pelaku UMKM di Indonesia.

Dahsyat, UMKM ini Bisa Dapat 300 Mitra Lebih dalam 1 Tahun

JAKARTA, RETENSI.ID – Penggunaan Shop sebagai platform untuk memasarkan dan mempromosikan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah () lokal di Indonesia merupakan strategi yang efektif. Salah satunya, produk UMKM yang telah mencuri perhatian banyak orang di Indonesia terutama pengguna TikTok. Velfit, produk roti celup memanfaatkan platform TikTok dan untuk memasarkan produknya secara daring.

Berlokasi di Kediri, Jawa Timur, Velfit memulai perjalanannya sebagai sebuah usaha kecil yang berawal dari keinginan owner, Roy Wellyanto untuk membuat inovasi kuliner dari produk minuman dan roti menjadi roti celup es coklat yang praktis. Selain membuat produk yang inovatif, Velfit juga membantu masyarakat yang ingin berbisnis dengan mengeluarkan paket pengusaha yaitu paket untuk orang-orang yang ingin berjualan Velfit roti celup dan Velfit minuman.

Perkembangan UMKM ini cukup pesat, melalui TikTok Shop Velfit mampu meningkatkan penjualan dan mendapatkan sampai lebih dari 300 mitra aktif dalam waktu satu tahun dan masih akan terus bertambah. Kemitraan ini akan memudahkan dan menguntungkan para mitra karena dengan modal yang kecil mereka sudah bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan Velfit.

“Selain menjual secara online, tujuan kita dari awal untuk mencari mitra, karena dengan mencari mitra maka kita telah memutus beberapa rantai distribusi seperti distributor ke grosir, grosir ke agen. Sehingga para mitra akan mendapatkan untung yang banyak,” ujar Roy Wellyanto.

Velfit dengan cerdas menggunakan platform media sosial, khususnya TikTok dalam melakukan pemasaran. Dengan konten yang menarik dan interaktif mereka berhasil menarik perhatian banyak pengguna terutama untuk orang-orang yang ingin menjadi mitra Velfit. Selain itu, inovasi dalam penyajian dan kualitas rasa menjadi kunci utama kepopuleran produk ini.

Kesuksesan Velfit bukan hanya berdampak pada pertumbuhan bisnisnya sendiri, tetapi juga memberikan dampak positif pada ekonomi lokal. Mereka membuka peluang kerja dan membantu menggerakkan ekonomi mikro di sekitar mereka. Selain itu, Velfit juga menjadi inspirasi bagi UMKM lain di Indonesia untuk memanfaatkan digital terutama media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif.

Velfit, bisnis yang memiliki tagline “Sekenyang itu, Semurah Itu, Sepraktis Itu” akan terus berinovasi dengan mengembangkan produknya dan meningkatkan kehadirannya secara online. Selain itu, Velfit berusaha agar mitra tetap mendapatkan keuntungan dari Velfit dengan menjadi reseller dari Velfit.

“Rencana kami kedepannya itu simple, berusaha agar mitra tetap mendapat cuan dan pembeli bisa terus mendapatkan produk yang berkualitas, praktis dan enak. Kalau itu dijaga, kita yakin kesuksesan Velfit akan panjang,” ujar Roy Wellyanto.

Velfit merupakan contoh nyata dari kekuatan inovasi bisnis dan pemasaran di era digital. Kisah sukses mereka menunjukkan bagaimana UMKM di Indonesia dapat berkembang dan bersaing di pasar yang kompetitif dengan memanfaatkan kreativitas dan teknologi. Velfit tidak hanya berhasil dalam bisnis, tetapi juga memberikan inspirasi dan memberikan dampak positif pada masyarakat sekitarnya.

TikTok Shop dan Tokopedia Jalin Kemitraan untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Digital RI

//

JAKARTA, RETENSI.ID, platform entertainment global dan PT Gojek Tbk. (GOTO), ekosistem digital Indonesia, menjalin kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan Indonesia.

Dikutip dari laman resmi TikTok Indonesia, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku di Indonesia dengan memanfaatkan platform , dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam 5 tahun mendatang.

Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia. Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Hal ini merupakan inisiatif pemerintah Indonesia yang ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal.

Hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka.

Ke depannya, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.

Startup Carsome PHK Karyawan di Asia Tenggara

//

jual beli mobil bekas, , dikabarkan melakukan pemutusan hubungan kerja () terhadap ratusan karyawan di Asia Tenggara. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi biaya agar mencapai profitabilitas menjelang kemungkinan initial public offering (IPO).

Adapun, karyawan yang terdampak berasal dari beberapa negara operasional perusahaan di Asia Tenggara. Sumber anonim Bloomberg menyebut karyawan di Indonesia dan Thailand yang paling banyak terdampak langkah ini. “Kami tetap berkomitmen untuk berinvestasi di semua pasar kami dan mempercepat pertumbuhan profit pada 2024,” ucap CEO Carsome, Eric Cheng dalam keterangan resminya.

Perusahaan startup asal Malaysia ini memiliki sekitar 4.000 karyawan. Pada 2022 diketahui sempat menunda rencana pencatatan ganda atau dual listing plan di Singapura dan Amerika Serikat (AS) karena khawatir memburuknya kondisi makroekonomi dapat mengurangi valuasi Carsome.

Carsome mengumpulkan dana sebesar US$ 290 juta awal tahun 2022 dengan penilaian sebesar US$ 1,7 miliar dalam putaran seri E. Putaran itu dipimpin sejumlah investor, yang meliputi Qatar Investment Authority (QIA), 65 Equity Partners, dan Seatown Private Capital Master Fund.

Pada bulan Juli, CEO Carsome Eric Cheng mengatakan, perusahaan memperkirakan akan mencapai titik impas tahun ini dan akan mencapai profitabilitas setahun penuh pertamanya pada tahun 2024. Carsome yang didirikan pada tahun 2015 ini telah berekspansi ke Indonesia, Thailand, dan Singapura.

Berdasarkan laman resminya, Carsome bekerja sama dengan lebih dari 13.000 dealer dan menjual lebih dari 150.000 mobil tahun lalu.

TikTok Cari Partner E-Commerce, Jadi Tanda TikTok Shop Kembali?

//

JAKARTA, RETENSI.ID dikabarkan bakal menggandeng lokal konvensional di Indonesia. Meski demikian, belum diketahui siapa mitra yang bakal digandeng media sosial milik ByteDance tersebut.

Kabar terbaru, TikTok disebut tengah “PDKT” (pendekatan) atau sedang melakukan pembicaraan dengan marketplace lokal untuk kemungkinan kerja sama. Bocoran ini diungkap oleh Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki.

Menurut Teten, TikTok telah berbicara dengan lima perusahaan pelaku e-commerce di Indonesia, termasuk , BukaLapak, dan Blibli. “Beberapa perusahaan e-commerce di Indonesia telah berbicara dengan TikTok,” kata Teten.

Saat dikonfirmasi soal hal tersebut, laporan Reuters menyebut, perwakilan BukaLapak mengatakan perusahaannya tidak mengetahui pembicaraan tersebut. Tokopedia menolak berkomentar dan Blibli juga tidak segera menanggapi permintaan komentar.

TikTok berupaya menghidupkan kembali bisnis e-commerce di Tanah Air itu sudah terdengar sejak akhir Oktober lalu. Sebelumnya, TikTok dan YouTube dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk mengajukan izin e-commerce di Indonesia.

Akhir bulan lalu, TikTok mengatakan pihaknya tidak dapat mengonfirmasi atau menyangkal soal kabar perusahaannya sedang mempertimbangkan untuk mendapatkan lisensi perdagangan di Tanah Air.

Jika TikTok Shop memang bergabung ke platform e-commerce lain, aksi merger itu diperbolehkan oleh pemerintah. Menurut Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM, Deputi Bidang UKM, Kemenkop UKM, Temmy Satya Perman tidak akan jadi soal jika merger tersebut bersama dengan e-commerce raksasa. Hingga nantinya melemahkan pasar e-commerce lain.

“Selama itu business to business (B2B) tidak masalah, selama semua mengikuti aturan tidak ada masalah. Tinggal bagaimana masyarakat menilai,” imbuh Temmy.

Saat ini, TikTok beroperasi sebagai media sosial di Indonesia karena terdaftar sebagai Penyedia Sistem Elektronik (PSE) di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Untuk menjalankan bisnis e-commerce, TikTok Shop harus mendapatkan izin terpisah dari Kementerian Perdagangan.

Sandiaga Uno dan Blue Ocean Strategy Fellowship Tekankan Lapangan Pekerjaan dan Stabilitas Harga bagi Masyarakat Indonesia sebagai Salah Satu Kunci Menuju Indonesia Emas 2045

//

JAKARTA, RETENSI.ID – Blue Ocean Strategy Fellowship (BOSF) mengumumkan kerja sama terbarunya dengan menggandeng tokoh nasional Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Distinguished Fellow dari BOSF.

Sebagai Distinguished Fellow BOSF untuk periode Oktober 2023 hingga Februari 2024, Sandiaga Uno akan berfokus pada isu-isu ekonomi yang inovatif dengan konsep yang dikenal dengan Sandinomics yang mendorong kesejahteraan melalui dua pilar utama, yaitu menjaga stabilitas harga dan menciptakan lapangan kerja dalam skala luas.

Sandiaga Uno saat hadir di acara “BOSF for the Study of Public”, Kamis (12/10/2023) di Sampoerna Strategic Square, mengatakan bahwa stabilitas harga adalah kunci untuk menciptakan ekonomi yang sehat. Hal ini menjadi semakin krusial sebab Indonesia akan menyambut puncak bonus demografi pada 2030 mendatang. Hal inilah yang ingin dijawab dari visi ekonomi Sandiaga Uno untuk Indonesia.

“Bila tidak dipersiapkan rencana lapangan pekerjaan dari sekarang, bonus demografi sebaliknya akan menjadi beban atau liabilitas,” kata Sandiaga Uno.

Sejak menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta (2017-2018) hingga kini sebagai Menparekraf, Sandiaga Uno konsisten membangun sinergi dengan kementerian dan lembaga terkait, juga aktif melibatkan sektor privat secara aktif untuk mendorong kesejahteraan masyarakat melalui dua pilar ini.

Salah satu prestasi yang ditorehkannya adalah saat bulan suci Ramadhan 2018, di mana Sandi, dalam kapasitasnya sebagai Wakil Gubernur DKI kala itu, menjalin kerja sama dengan Kementerian dan Kementerian Perdagangan yang berhasil mencapai stabilitas harga pangan. Kolaborasi ini berdampak pada inflasi bulanan terkendali yang terefleksikan pada tingkat inflasi terendah di Jakarta dalam lima tahun.

Kemudian juga capaian Sandiaga di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dimana ketika Pandemi COVID-19 melanda, parekraf adalah sektor yang terdampak sangat dalam. Kunjungan wisatawan mancanegara menurun tajam, devisa pariwisata terkontraksi, pergerakan wisatawan nusantara juga terbatas.

Pada tahun 2020, wisatawan mancanegara hanya berjumlah 4,05 juta orang, dan pada tahun 2021 semakin menurun menjadi 1,56 juta orang. Perjalanan domestik mengalami penurunan sebesar 29,7% pada tahun 2020 dibandingkan tahun 2019. Devisa Pariwisata anjlok hingga hanya 3,54 miliar dolar AS, yang merupakan penurunan mengejutkan sebesar 79,15%.

Pada periode yang sama, penyerapan tenaga kerja di sektor pariwisata mengalami penurunan sebesar 6,67%, sedangkan sektor ekonomi kreatif mengalami penurunan sebanyak 479.206 tenaga kerja.

Sandiaga mengatakan, di tengah kondisi dan yang besar itu justru menghadirkan peluang-peluang yang selama ini mungkin belum dicoba atau dimaksimalkan. Dengan semangat inovasi, adaptasi dan kolaborasi dalam semangat geber (gerak bersama), gerak cepat (gercep) dan gaspol (gali semua potensi lapangan kerja), pariwisata dan ekonomi kreatif berhasil keluar dari tekanan dan menjadi sektor yang pulih lebih cepat dan tumbuh lebih kuat dengan berbagai program dan kebijakan yang merangkul semua pihak.

“Terutama membuka kesempatan bagi dengan membangun ekosistem ekonomi kreatif dan pariwisata yang inklusif dan inovatif,” kata Sandiaga.

President of Sampoerna University Dr. Marshall Schott merasa bangga atas kesempatan kolaborasi pihaknya dalam inisiatif ini bersama BOSF. Kemitraan ini merupakan kolaborasi strategis bagi Sampoerna University guna memformulasikan pendekatan-pendekatan yang inovatif dalam permasalahan ekonomi di Indonesia.

“Pada kesempatan ini, Sampoerna University menyampaikan terima kasih kepada Pak Ony dan seluruh tim SGPP sebagai mitra kami yang luar biasa selama program BOSF berjalan dari seri yang pertama hingga hari ini. Kami merasa sangat terhormat bahwa Bapak Menteri Sandiaga Uno berkenan menjadi Distinguished Fellow BOSF dan bergandengan tangan membahas isu lapangan pekerjaan dan stabiltias harga di Indonesia. Kami berharap, fellowship ini akan bermanfaat bagi semua pihak terkait, terutama bagi masyarakat luas. Harus ada aksi konkret dari program ini, tidak berakhir pada diskursus dan diskusi belaka,” ucap Marshall.

Acara ini juga dihadiri oleh CEO School of Government and Public Policy (SGPP) Ony Avrianto yang juga menjabat sebagai Co-chair program BOSF di Indonesia.

“Pengangguran dan kemiskinan merupakan masalah yang kita hadapi bersama di Indonesia. Terlebih, Indonesia akan menghadapi puncak bonus demografi pada 2030 mendatang. Bila tidak dipersiapkan dari sekarang. maka generasi milenial dan Gen Z yang seharusnya berada pada usia produktif, malah akan menjadi liabilitas demografi karena ketidaktersediaan lapangan pekerjaan yang memadai. Oleh sebab itu, SGPP sangat senang bisa menjalin kolaborasi dengan Sampoerna University dan Blue Ocean Global Network untuk bersama-sama dengan Distinguished Fellow kita, Bapak Sandiaga Uno, turut berkontribusi memformulasikan solusi dari isu besar ini,” ungkap Ony.

BOSF adalah program thought leadership yang bertujuan untuk menghasilkan pendekatan inovasi yang efektif untuk memecahkan isu atau permasalahan pada sektor publik dan swasta di Indonesia. Diselenggarakan melalui kerja sama dengan Sampoerna University (SU), School of Government and Public Policy (SGPP) Indonesia dan Blue Ocean Global Network, BOSF menjalankan program fellowship ini dari awal 2023 guna berbagi inovasi dan pemecahan masalah yang menjadi fokus pembangunan di Indonesia, seperti pembangunan desa di semester pertama dan kali ini lapangan pekerjaan.

Sebagai rangkaian dari program Fellowship ini, BOSF akan menggelar Keynote Lecture bersama Distinguished Fellow yang sama, Sandiaga Uno, dalam beberapa waktu mendatang. Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi https://www.bosf.sampoernauniversity.ac.id.

Woman Digital Expert Wakili Indonesia dalam Seminar Ekonomi Digital di Tiongkok

/

JAKARTA, RETENSI.ID – Seminar di Zhejiang, Tiongkok yang disponsori oleh ASEAN-China Young Leaders Scholarship (ACYLS) dan Pemerintah Provinsi Zhejiang baru saja dimulai. Program ini diselenggarakan di Universitas Zhejiang. Kampus ini ditugaskan untuk menyelenggarakan Program Pertukaran dan Kerjasama Pengembangan Ekonomi Digital ASEAN-China.

Indonesia sendiri mengirim delegasi dari anak muda yang bertalenta luar biasa. Adalah Luciana Dita Chandra yang menjadi perwakilan China-ASEAN Digital Economy Ecosystem, Hangzhou, Zhejiang Province, China.

Luciana menjadi satu dari 60 peserta yang sepenuhnya didanai oleh ASEAN-China Young Leaders Scholarship (ACYLS) dan Pemerintah Provinsi Zhejiang. Seminar dasar akan berlangsung mulai dari 12 Agustus 2023 hingga 26 Agustus 2023. Sementara seminar intensif dilaksanakan 26 Agustus 2023 sampai 9 September 2023.

“Saya sangat bersyukur bisa memulai perjalanan menjadi salah satu program 1 Asean-China Young Leaders Scholarship (ACYLS) dari delegasi Indonesia yang mewakili organisasi dari Pemuda Katolik Indonesia. Program ini diselenggarakan oleh Center for International Studies on Development and Governance (CISDG) di China’s Top 3 University, @zhejianguniversity yang terletak di provinsi Hangzhou Zhejiang, China,” kata Luciana lewat akun instagramnya @lunadeee.

Rasa bangga Luciana sebagai delegasi Indonesia pada seminar tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, Zhejiang merupakan wilayah perintis ekosistem ekonomi digital di Tiongkok. Seperti diketahui, Tiongkok merupakan ekonomi digital terbesar kedua di dunia dengan skala 7,1 triliun USD.

“Kami juga beruntung, beberapa pemimpin ekonomi Tiongkok datang untuk memberi kuliah dalam upacara penyambutan dan dapat berdiskusi dengan kami tentang kebijakan perdagangan digital global, privasi data lintas batas, , dan keamanan dunia maya. Diantaranya adalah Profesor Huang Xianhai (Wakil Presiden Universitas Zhejiang dan Wakil Presiden Asosiasi Ekonomi Dunia Amerika China), Profesor MA Shuzhong (Anggota Dewan Eksekutif Masyarakat Ekonomi Dunia China), Profesor Yu Zhen (Sekretaris Jenderal China-AS Dunia) Masyarakat Ekonomi dan Profesor Gong Sen sebagai pemimpin The CISDG,” ujarnya.

Menurut Luciana, ekonomi digital saat ini menjadi mesin utama pertumbuhan ekosistem ekonomi tidak hanya di Tiongkok tetapi juga di negara-negara ASEAN. Oleh sebab itu, CISDG menginisiasi program ini untuk mempelajari lebih dalam tentang bagaimana beberapa negara berkembang memanfaatkan ekosistem digital untuk meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Disamping itu, masalah keamanan data menjadi perhatian karena data adalah sumber kekayaan baru.

Bersama WMI, Kami Resmikan Butik di TSM Makassar, Hadirkan Koleksi Baru dengan Trend Warna Khas Makassar

Kehadiran modest fashion terus berkembang dan semakin banyak diminati masyarakat di Indonesia. Seiring dengan meningkatnya bisnis modest fashion, memberikan peluang bagi brand fesyen muslim untuk meningkatkan penjualan mereka. Salah satu pionir modest fashion di Indonesia yang sudah berdiri selama 14 tahun, Kami memperluas jaringan tokonya dengan membuka gerai yang berlokasi di Trans Studio Mall (TSM) Makassar.

Pembukaan butik yang berlokasi di TSM Makassar ini merupakan hasil kerjasama Kami dengan PT Warna Modern Indonesia (WMI), sebuah perusahaan yang bergerak di bidang bisnis offline. Grand opening diselenggarakan pada hari Kamis, 1 Juni 2023 dengan seremonial pemotongan pita oleh Istafiana Candarini selaku CEO, Afina Candarini Selaku Finance Director, Nadya Karina selaku Creative Director Kami, Bima Laga selaku CEO dan Founder WMI, dan Indira Yusuf Ismail selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar. Rangkaian acara dilanjutkan dengan trunk show dan exclusive launch koleksi terbaru KAMI dengan membawa tren warna Makassar yang cerah.

Istafiana Candarini yang akrab dipanggil Irin, mengatakan, “Kehadiran butik terbaru Kami di TSM Makassar ini merupakan bagian dari upaya Kami terus menghadirkan inovasi baru dan memberikan yang terbaik bagi Kami People dengan jangkauan yang lebih luas. Dengan adanya butik terbaru yang fresh & modern diharapkan dapat mempermudah para pelanggan untuk mendapat pengalaman belanja yang lebih menyenangkan.”

Meningkatnya permintaan konsumen terhadap modest fashion dan pertumbuhan brand lokal, salah satunya Kami, menjadi tujuan WMI untuk mendukung hasil buatan lokal agar terus berkembang. Bima Laga, CEO dan Founder WMI mengatakan bahwa brand Kami, ini merupakan salah satu brand lokal yang secara konsisten meluncurkan koleksi yang mengutamakan keunikan pada penggunaan bahan dan desain bagi wanita urban Indonesia.

“Kami merupakan brand yang kita lihat itu bagus, sudah 14 tahun terus meluncurkan koleksi dengan inovasi-inovasi barunya. Brand ini ditunjang dan didukung oleh sebuah komunitas, saya menyaksikan bagaimana Kami People mendukung dan langsung hadir ke toko terbaru Kami, sehingga kita dari WMI memutuskan untuk terus support Kami pada pembukaan store ini dan store-store selanjutnya,” ujar Bima Laga, selaku CEO dan Founder WMI.

Kehadiran Kami selaku brand lokal yang semakin memantapkan eksistensinya di market global melalui keikutsertaannya pada New York Fashion Week 2023, diharapkan juga dapat menjadi katalis pertumbuhan di Kota Makassar. “Kami yang dikenal dengan kualitas produknya diharapkan mampu bersinergi dengan program kerja TP PKK untuk meningkatkan kualitas produk UMKM Makassar serta memperluas pasar produk yang diciptakan, bukan hanya pada tataran lokal, namun juga pada skala internasional”, ungkap Indira Yusuf Ismail selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar.

Adapun dalam peluncuran butik ini turut dihadiri dan dimeriahkan juga oleh Kami People, influencers, dan para wartawan. Butik Kami. menghadirkan beragam fesyen muslim dan memiliki koleksi desain yang beragam, mulai dari dress, tunik, outer, atasan, hingga rok untuk wanita. Selain itu, terdapat pula baju koko untuk pria dan pakaian untuk anak-anak. Untuk menyambut Kami People Makassar dalam peluncuran butik ini, diadakan pula promo Diskon hingga 70% yang berlangsung hingga tanggal 4 Juni 2023.

1 2 3 9