Kemenparekraf

Hadiri World Cities Summit 2024, Sandiaga Uno Tekankan Hal Ini untuk Menciptakan Smart City

/

SINGAPURA, RETENSI.ID – Smart City atayu kota cerdas menjai fokus pembahasan dalam World Cities Summit (WCS) 2024 yang digelar di Singapura pada 2-4 Juni 2024.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Wali Kota se-dunia sekaligus para pakar untuk mendiskusikan sekaligus berbagi pengalaman dalam menjawab tantangan perkotaan saat ini.

dan Ekonomi Kreatif () Republik Indonesia, Salahuddin Uno turut hadir dalam kesempatan tersebut.

Menurutnya, sebuah kota harus menjadi kota kreatif sebelum didapuk menjadi smart city.

Sehingga, upaya yang dilakukan ekosistem kota dalam mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas hidup manusia dan komunitas setempat.

“Smart City itu harus juga Creative City,” ungkap Sandiaga Uno ketika menghadiri World Cities Summit (WCS) 2024 di Singapura pada Selasa (4/6/2024).

“Jadi untuk menciptakan kota-kota yang cerdas itu harus juga punya kota-kota yang kreatif,” tamabahnya.

Indonesia, lanjutnya, memiliki banyak kota kreatif berkelas dunia.

Di antaranya Bandung sebagai Kota Desain Dunia atau City of Design, sebagai Kota Sastra yang masuk dalam Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UNESCO Creative Cities Network).

Selain Jakarta, Pekalongan diungkapkannya masuk dalam UNESCO Creative Cities Network dalam kategori kerajinan dan kesenian rakyat (Craft and Folk Arts).

Kemudian, Ambon yang dikenal sebagai Kota Musik Dunia dan Solo sebagai Kota Seni Pertunjukan dan .

“Kota-kota ini ke depannya memiliki tantangan bermacam dan beragam, itu harus mampu menampilkan kreatifitas dari masyarakatnya, beserta seluruh pemangku kepentingan. Jadi itu yang menyiapkan kota kini untuk menjadi kota-kota kreatif,” ungkap Sandiaga Uno.

Tak hanya kreatif, sebuah smart city katanya harus bisa menjaga jiwa dari warganya.

Caranya dengan membangun sejumlah destinasi di perkotaan.

Sehingga kesehatan jiwa yang menjadi isu utama bagi di perkotaan dapat teratasi.

“Bahwa isu (utama) di setiap kota itu adalah mental health, kesehatan jiwa. Pariwisata itu menjadi obat dari masyarakat yang sekarang-karena teknologi digitalisasi semakin tertekan kesehatan jiwanya, kota-kota ini bisa membangun destinasi-destinasi di dalam perkotaannya,” ungkap Sandiaga Uno.

“Jadi nanti akan ada spot-spot pariwisata yang harus dibangun dalam kapasitas smart city,” jelasnya.

Menparekraf Targetkan Kepri Sumbang 25 Persen Jumlah Wisman pada 2024

/

BATAM, RETENSI.ID – Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap Provinsi Kepulauan Riau () mampu menyumbang 25 persen dari total target jumlah () pada 2024.

Menparekraf saat Diskusi Kadin Batam di Montigo Resort, Batam, Kepri, Selasa (2/1/2023) menjelaskan, Provinsi Kepri diharapkan berkontribusi besar terhadap sektor pariwisata yang ditargetkan mampu menjaring 14-16 juta kunjungan secara nasional sepanjang 2024.

“Hari ini saya melihat antusiasme dari para pelaku dan pemangku kepentingan sektor parekraf di Batam, Kepri ini. Sebab tahun ini target jumlah kunjungan wisman sudah kita lalui 1,5 juta. Outlook-nya untuk target tahun 2024-2025 jumlah kunjungan naik mencapai 25 persen atau 3 juta kunjungan dari total target 14-16 juta jumlah kunjungan wisman,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga optimsitis angka tersebut bisa tercapai, karena pada tahun 2019 jumlah kunjungan wisman ke Kepri hampir menembus angka 3 juta kunjungan. Selain itu, lanjutnya, hal itu bisa dicapai oleh Kepri, mengingat grafik kunjungan wisman tahun 2023 mengalami peningkatan hingga mencapai 1,5 juta kunjungan dibanding tahun 2022 yang sebanyak 785 ribu kunjungan.

Meskipun sebelumnya pariwisata Kepri termasuk yang paling terdampak akibat pandemi COVID-19. Apalagi sektor pariwisata menjadi salah satu penyumbang pendapatan asli (PAD) terbesar.

“Untuk mencapai target yang hampir menembus angka 3 juta kunjungan wisman pada tahun 2019, maka kami akan melakukan beberapa , , dan kolaborasi,” katanya.

Ia misalnya mengimbau, para pemangku kepentingan sektor parekraf Kepri agar menggunakan momentum tahun baru ini untuk mencapai target yang dicanangkan pemerintah.

“Saya yakin karena Kepri juga termasuk daerah yang paling tangguh dan cepat dari sisi pemulihan pariwisata pascapandemi,” ujar Sandiaga.

“Pariwisata di Kepri ini punya potensi besar untuk mendongkrak kunjungan wisman Indonesia 2024, termasuk sektor ekonomi kreatifnya yang mampu menciptakan banyak lapangan kerja baru bagi ,” katanya.

Menparekraf: Tahun Baru 2024 Jadi Momentum Kebangkitan Pariwisata Kepri

/

, RETENSI.ID – dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (/Kabaparekraf) Salahuddin Uno melewati malam pergantian tahun baru 2023 di Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) dengan menghadiri event Escape 2023 yang diselenggarakan oleh Pengelola kawasan wisata Bintan Resort Lagoi, PT. Bintan Resort Cakrawala (BRC).

Bukan tanpa alasan Kepri yang dipilih Menparekraf Sandiaga untuk menyambut awal tahun 2024. Setelah dua tahun sebelumnya ia melewati malam tahun baru masing-masing di Jakarta pada 2021 dan pada 2022. Menparekraf menekankan pentingnya posisi Kepri sebagai salah satu pintu gerbang masuk utama mancanegara (wisman) yang datang ke tanah air.

“Tiga pintu gerbang utama wisman ke Indonesia itu adalah Bali, Jakarta, dan Bintan, ini tahun ketiga saya menyambut wisman dan saya ingin memberikan apresiasi dan motivasi, apalagi Kepri ini yang paling banyak terdampak saat pandemi. Dan ini menjadi momentum untuk Kepri bangkit dan semakin tangguh serta menunjukan semangat untuk pulih. Ini yang perlu kita berikan, semangat, dan saya bersyukur mengawali tahun 2024 di Kepri,” kata Menparekraf Sandiaga Uno, Senin (1/1/2024).

Menparekraf juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kepri, Pemerintah Kabupaten Kepri, dan seluruh stakeholder pariwisata di wilayah itu yang terus menunjukkan semangat dan menjadikan sektor pariwisata sebagai unggulan di Kepri.

“Apresiasi ke Pak Abdul Wahab dan teman-teman Bintan Resort. Ini pertama kali setelah pandemi COVID-19 kita merayakan kembali tutup tahun. Kami memotivasi penyelenggara event lainnya untuk ‘berwisata di Bintan Aja’, ‘Berwisata di Kepulauan Riau Aja’. Karena ini luar biasa, kita melihat tadi bagaimana perekonomian bisa berputar dan maju melalui pariwisata,” katanya.

Meskipun sudah memasuki tahun 2024 dimana akan terselenggara Pemilu, Menparekraf Sandiaga Uno terus mendorong agar tak ragu untuk tetap berwisata. Dan ia optimistis di tahun baru ini sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan semakin kuat lagi.

Menparekraf Sambut Wisman Pertama di Tahun 2024 dari Singapura di Bintan

/

, RETENSI.ID – dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Salahuddin Uno menyambut wisatawan mancanegara () pertama di tahun 2024 di Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Bintan Kepulauan Riau ().

Menparekraf hadir bersama Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad dan Bupati Bintan Roby Kurniawan untuk menyambut wisatawan yang datang dari Singapura untuk menghabiskan waktu tahun baru mereka di Bintan.

“Selamat datang wisatawan pertama yang datang ke Kepulauan Riau di Bintan. Tahun depan kami siap dengan yang signifikan, untuk itu kita pastikan bahwa pariwisata aman nyaman dan menyenangkan. Kabar barunya untuk pengajuan short visa bagi wisatawan dari Singapura dan Malaysia ke Kepri sudah ada di Kementerian Keuangan,” ujar Menpareraf Sandiaga, Senin (1/1/2023).

Kepri menjadi salah satu penyumbang wisatawan mancanegara ketiga terbesar setelah Bali dan Jakarta. Pada 2023, Kepri diperkirakan mampu menyumbang 20 persen dari total wisman yang ke tanah air yang diperkirakan mencapai 10 juta wisman.

“Ada potensi menembus 20 persen. Tahun 2024 targetnya mencapai 23-25 persen dari total wisman yang datang ke tanah air. Dengan beberapa revitalisasi pelabuhan-pelabuhan serta wisata ke negara tetangga,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengapresiasi kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno yang terus memotivasi dan memberikan perhatian lebih terkait pengembangan sektor pariwisata kepada Kepri. Berdasarkan data, hingga Oktober 2023 jumlah wisatawan mancanegara ke Kepri mencapai 1,2 juta kunjungan.

“Diperkirakan dari data BPS hingga akhir Desember tahun 2023 bisa mencapai 1,5 juta kunjungan. Mudah-mudahan tahun ini tidak ada turbulensi ekonomi agar pariwisata kita bisa meroket. Catatan kami di tahun 2019 jumlah kunjungan wisman ke Kepri tembus mencapai hampir 3 juta kunjungan. Tahun ini saya berharap ada tambahan kapal dari Johor Malaysia ke Kepri.” ujarnya.

Menparekraf Luncurkan Jurnal Kepariwisataan Indonesia Volume 17 Edisi ke-2 Bulan Desember 2023

/

, RETENSI.ID – dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan Kepariwisataan Indonesia (JKI) Vol. 17 Edisi 2 bulan Desember 2023 yang waktu penerbitannya bertepatan dengan kegiatan “Pesta Rakyat Sambil Ngobrol Asik Bareng Menteri Urusan Parekraf (Ngampar)” yang diselenggarakan Deputi Bidang Kebijakan Strategis di Ballroom Gedung Pesona Indonesia, Jakarta, pekan lalu.

Menparekraf Sandiaga dalam kesempatan tersebut mengatakan Kemenparekraf/Baparekraf terus mendorong penerbitan Jurnal Kepariwisataan Indonesia (JKI) dalam upaya meningkatkan pencapaiannya menjadi jurnal terindeks bereputasi internasional, agar dapat lebih dikenal dan dimanfaatkan lebih luas oleh para stakeholder pariwisata dan ekonomi kreatif.

“JKI harus dikelola dengan serius dan profesional agar dapat menembus indeksasi internasional, salah satunya Scopus. Dan ini salah satu bentuk sumbangsih dan kontribusi Kemenparekraf/Baparekraf dalam pengembangan sektor pariwisata di Indonesia,” kata Menparekraf Sandiaga.

Saat ini Jurnal Kepariwisataan Indonesia (JKI) menjadi jurnal pariwisata pertama di Indonesia yang berhasil mendapatkan akreditasi SINTA 2. Capaian ini diraih karena JKI mengalami kenaikan jumlah penerimaan naskah sebanyak 220 persen selama masa periode prediksi SINTA 4 ke SINTA 2.

Jurnal Kepariwisataan Indonesia (JKI) Vol. 17 Edisi 2 tahun 2023 ini berisi 11 naskah yang ditulis oleh para akademisi, peneliti, analis kebijakan, dan praktisi dari berbagai yang tersebar di tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Australia.

Naskah tersebut membahas berbagai isu atau tema pariwisata yang dan terkini seperti Menyeimbangkan Tradisi dan Pariwisata; Dinamika Peran ; Implikasi Peran Daya Dukung Pariwisata dalam Pengembangan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan; Pengaruh Kedatangan terhadap Pembangunan Daerah di Nusa Tenggara Timur; dan beberapa isu/tema yang lainnya.

Menparekraf Sandiaga turut mengapresiasi para penulis, dewan editor, serta reviewer yang telah berkontribusi dalam penerbitan Jurnal Kepariwisataan Indonesia ini.

“Saya berharap jurnal ini dapat bermanfaat dan menjadi gagasan era baru dan sumber referensi bagi para pemangku kepentingan pariwisata di Indonesia,” kata Sandiaga.

Menparekraf Berharap Perayaan Natal Nasional 2023 Perkuat Persatuan Bangsa

/

SURABAYA, RETENSI.ID – Menteri dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (/Kabaparekraf) Salahuddin Uno berharap 2023 memperkuat persatuan bangsa Indonesia.

“Saya juga sangat menikmati dan mengapresiasi perayaan Natal Nasional ini berlangsung sangat meriah. Dan harapannya negara bersama di bumi di hati dalam Natal ini bisa terus memperkuat persatuan bangsa kita,” kata Menparekraf Sandiaga dalam keterangannya saat menghadiri Perayaan Natal Nasional 2023 di Gereja Bethany Nginden Surabaya, Rabu malam (27/12/2023).

Menparekraf Sandiaga menilai, perayaan Natal Nasional ini sangat spesial, sebab baru kali ini digelar secara langsung setelah pandemi COVID-19 melanda.

“Kami ucapkan selamat Natal bagi umat Kristiani, kali ini perayaan Natal sangat spesial. Perayaan Natal Nasional 2023 ini untuk pertama kalinya setelah pandemi kita rayakan dan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo () beserta sejumlah menteri,” kata Menparekraf.

Ia pun mengapresiasi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo yang juga sebagai Ketua Pelaksana Acara Natal Nasional 2023, telah mengemas perayaan Natal Nasional 2023 dengan indah.

Jemaat disuguhi serangkaian dari Batavia Madrigal Singers, Nella Kharisma, Olivia Pardede, Mirabeth Sonia, Gempita, Roni Parulian, Geraldine Laura, Komunal Primitif, Grup Tari Karisma, dan acara dipandu oleh MC ternama Daniel Mananta.

“Kami sangat bangga bahwa Mba Wamenparekraf bersama panitia nasional berhasil merancang perayaan yang sangat indah dengan tema kemuliaan bagi Allah dan damai sejahtera di bumi ini,” kata Menparekraf Sandiaga.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat hari Natal tahun 2023 kepada umat Kristiani di seluruh Indonesia.

Presiden turut menyampaikan doa agar terang cahaya, damai, dan kasih Natal dapat menuntun umat Kristiani kepada kemuliaan serta masa yang gemilang.

“Semoga momentum untuk meraih Indonesia Maju menjadi negara maju yang adil, makmur, dan sejahtera bisa konsisten kita perjuangkan dan kita memperoleh kemudahan dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” kata Presiden.

Kemenparekraf Dorong Pemberdayaan Perempuan di Sektor Parekraf di Bali

/

, RETENSI.ID – Kementerian dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendorong pentingnya pemberdayaan dalam semua sektor termasuk dalam dunia kuliner yang masuk ke dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sekretaris Kemenparekraf/Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani saat yang bertajuk “Srikandi Kuliner di Era Modern” di Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali secara virtual, Jumat (22/12/2023) menjelaskan, Hari Ibu menjadi momen tepat untuk menyoroti peran dan pencapaian perempuan serta mendorong kesetaraan gender di berbagai bidang.

“Saat ini bisnis pada sektor industri restoran dan sedang berkembang seiring dengan memulihnya kondisi ekonomi, untuk itu semua pihak termasuk l perempuan harus bisa mengambil peluang tersebut,” ujar Ni Wayan Giri Adnyani.

Sektor kuliner merupakan subsektor penyumbang terbesar dari Produk Domestik Bruto () ekonomi kreatif. Subsektor kuliner menyumbang Rp455,44 triliun atau sekitar 41 persen dari total PDB ekonomi kreatif sebesar Rp1.134 triliun pada 2020.

Pada acara itu hadir berbagai tokoh dalam bidang pariwisata, akademisi, dan pembicara dari latar belakang yang menggambarkan peran ibu dalam kehidupan keluarga serta industri kuliner di Bali. Narasumber yang ditampilkan seperti Ni Made Masih, pemilik Warung Made, serta sejumlah dosen terkemuka termasuk Ni Desak Made Santi Diwyarthi, Ni Luh Gde Sri Sadjuni, dan Ni Putu Eka Trisdayanti yang membahas tentang peran ibu dalam kehidupan keluarga serta kontribusinya pada industri kuliner Bali.

“Ini menggambarkan dengan jelas betapa pentingnya peran ibu dalam keluarga, khususnya dalam konteks pengasuhan anak, , , dan kebutuhan gizi keluarga,” ujar Ni Wayan Giri Adnyani.

Menparekraf: Kehadiran Bioskop NSC X Meirobie Tumbuhkan Aktivitas Pariwisata Belitung

/

, RETENSI.ID – dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melanjutkan kerjanya di Kabupaten Belitung dengan meresmikan Bioskop NSC X , Kamis (21/12/2023).

Dalam sambutannya, Menparekraf Sandiaga mengatakan kehadiran bioskop yang dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang ini diharapkan dapat memicu kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja serta menunjang pengembangan sektor parekraf di Belitung yang telah terpilih sebagai salah satu dari pariwisata prioritas di Indonesia. Sebab, Bioskop ini berada di dalam XYZ Meet Up Zone Belitung yang menghadirkan berbagai UMKM kuliner di Belitung.

“Ini akan menumbuhkan aktivitas pariwisata dan ekonomi kreatif. Sekitar 400 lapangan kerja yang terbuka di XYZ Meet Up Space dan bioskop ini,” kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga dalam kesempatan ini juga menunjuk Bioskop NSC X Meirobie sebagai salah satu lokasi pelaksanaan event Festival Film Bulanan di tahun 2024. “Ini mudah-mudahan dapat menjadi wadah bagi insan-insan kreatif untuk berkreasi,” katanya.

Selain itu, kehadiran bioskop ini juga diharapkan bisa menjadi sarana sosialiasi dan promosi sektor parekraf yang ada di Belitung. “Belitung ini memiliki wisata yang indah dan budaya yang meriah dan insyaallah kita jaga terus alam ini agar menjadi sarana sosialisasi dan pendidikan untuk ,” kata Sandiaga.

Dalam kesempatan serupa Wakil Bupati Belitung sekaligus pendiri NSC X Meirobie, Isyak Meirobie, mengungkapkan bioskop ini menjadi upaya yang ia lakukan untuk meninggalkan di akhir masa jabatannya untuk memajukan perekonomian dan meningkatkan literasi bagi masyarakat Belitung. “Kita harus dorong masyarakat lebih bahagia, lebih senang, kita tinggalkan legacy sehingga Belitung dikenal sebagai destinasi yang memiliki segala hal yang cocok untuk dijadikan tempat berlibur lebih lama lagi,” kata Isyak.

Jelang Natal Nasional 2023, Wamenparekraf Tinjau GSJA Sapikerep Bromo Usai Direnovasi

/

PROBOLINGGO, RETENSI.ID – Wakil Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Kabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo secara langsung meninjau Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Sapikerep yang telah selesai direnovasi.

Sebagai Ketua Pelaksana Acara 2023, Wamenparekraf Angela memastikan progres GSJA Sapikerep Bromo berjalan dengan baik. Juga sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan jemaat untuk beribadah dapat terpenuhi.

aksi sosial renovasi gereja ini adalah bagian dari rangkaian Natal Nasional 2023 yang akan berlangsung di Gereja Graha Bethany Nginden, Surabaya, pada 27 Desember 2023.

Setibanya di GSJA Sapikerep Bromo yang berlokasi di Dusun Randu Agung Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (20/12/2023) Wamenparekraf Angela melihat dengan seksama setiap sudut bangunan gereja yang telah berdiri sejak tahun 1999.

Ada beberapa bagian bangunan gereja yang sudah selesai di renovasi. Di antaranya pintu, plafon dalam, genteng di bagian belakang gereja, dan cat seluruh bangunan gereja.

Kebutuhan akan penampungan bersih, dapur untuk memasak jika ada perayaan , mimbar khotbah, kursi jemaat, serta alat-alat musik juga dihadirkan.

Renovasi gereja sendiri tidak sekadar aksi sosial semata, melainkan bagian dari upaya menyediakan tempat beribadah yang layak bagi wisatawan yang beragama Kristen. Lantaran, lokasi GSJA Sapikerep Bromo secara administratif berada di dekat kawasan yakni Gunung Bromo.

“Semoga gereja ini tidak hanya hadir sebagai sebuah gereja. Tetapi bisa membawa manfaat yang luar biasa bagi siapapun. Tentunya juga membawa manfaat bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Angela.

Menparekraf: Katalog “Potret Fasilitas Layanan Kesehatan Unggulan” Perkuat Ekosistem Wisata Minat Khusus

/

, RETENSI.ID – dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (/Kabaparekraf) Salahuddin Uno mengapresiasi peluncuran Katalog Ekslusif “Potret Fasilitas Layanan Kesehatan Unggulan” sebagai upaya untuk mendukung ekosistem minat khusus, khususnya wisata kesehatan di tanah .

Menparekraf Sandiaga, saat “The Weekly Brief With ” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023) menjelaskan, Kemenparekraf bersama Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (PERKEDWI) berkolaborasi dalam kegiatan pengembangan wisata kesehatan.

“Kami mengapresiasi tersusunnya katalog eksklusif ini sebagai salah satu referensi untuk mengetahui layanan-layanan unggulan yang dimiliki oleh rumah sakit terbaik di Indonesia,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, wisata kesehatan adalah salah satu bentuk wisata minat khusus yang terbagi dalam empat subsektor. Pertama, wisata medis untuk mendapatkan pelayanan medis, di mana orang Indonesia justru banyak yang ke luar negeri untuk menikmatinya. Kedua, wisata kebugaran, yaitu untuk mendapatkan kebugaran secara menyeluruh, baik body, mind, and soul.

Yang ketiga, ujarnya, wisata sports tourism atau wisata berbasis olahraga. Dan yang keempat adalah wisata (meetings, incentives, conventions, and exhibitions) yang spesifik untuk medical science. Menparekraf mencontohkan wisata MICE yang masuk wisata minat khusus kesehatan seperti simposium internasional tentang kanker, dokter anak, atau simposium dokter gigi internasional.

“Jadi total untuk wisata kesehatan, selama ini ada sekitar 2 juta jumlah Indonesia yang ke luar negeri dan menghabiskan total Rp160 triliun per tahun. Maka kami sedang membidik untuk bisa mengurangi kebocoran ini dengan menggarap segmen-segmen wisata kesehatan,” katanya.

1 2 3 25

Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to verify temporary file contents for atomic writing. in /home/u8724585/public_html/retensi.id/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:51 Stack trace: #0 /home/u8724585/public_html/retensi.id/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u8724585/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u8724585/public_html/retensi.id/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 51