Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Live Tiktok dan Minta Gift, Seorang Ustadz Dicaci Netizen

Jati Febriansyah

Bagikan

Live Tiktok dan Minta Gift, Seorang Ustadz Dicaci Netizen

Jati Febriansyah

Bagikan

aksi seorang imam Tarawih yang live Tiktok dan membuka saweran

JAKARTA, RETENSI.ID – Beredar di media sosial video seorang ustadz yang melakukan live di saat dirinya menjadi . Terlihat juga jika dalam live tersebut, ustadz yang menjadi imam tersebut secara terbuka menerima gift dari penonton live. Aksi ustadz ini tentunya menjadi sorotan publik, terutama Netizen yang kebanyakan berpikir jika ustadz tersebut menjadi imam hanya karena ingin mendapatkan gift Tiktok.

” Mungkin niatnya sih bagus, mengajak orang untuk sholat di live Tiktok, gift itu kan terserah orang mau memberi atau engga, kenapa repot org ngasih dan tidaknya ?” ucap akun @Bulanbintang123.

” Ketua fatwanya aja bilang kalo “ sebaiknya” tidak minta saweran saat melakukan live. kan bukan larangan, jadi bakal makin banyak yang ngemis lewat agama,” tulis akun @imamardani.

Melihat hal ini, Ketua Komisi Fatwa MUI KH Asrorun Niam Sholeh memberikan pendapat pribaddinya, ia mengatakan jika prinsipnya shalat itu adalah ibadah yang mahdlah, kewajiban keagamaan yang bersifat dogma, dan sebagai cermin kepatuhan dan ketertundukan insan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ia juga menjelaskan jika sepanjang pelaksanaan shalat tarawih itu memenuhi syarat dan rukun iman, masih diperbolehkan, namun ia juga menghighlight jika niatnya memang untuk disawer, maka pahala menjadi imamnya akan hilang.

“Kalau motivasinya imam tersebut untuk memberikan inspirasi bagi orang lain untuk shalat, bagus. Tapi kalau motivasinya hanya untuk , bisa hilang itu pahalanya,” ucapnya.

Baca berita RetensiID lainnya di: Google News RETENSI.ID