Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Uang Rupiah Baru Tahun Emisi 2022 Resmi Diluncurkan

Triya Ayu

Bagikan

Uang Rupiah Baru Tahun Emisi 2022 Resmi Diluncurkan

Triya Ayu

Bagikan

Uang Rupiah Baru
Tujuh pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022) yang baru diluncurkan hari ini. (Foto: Bank Indonesia)
Jakarta, Retensi.id – Tujuh uang rupiah kertas yang baru diluncurkan oleh Pemerintah dan di tahun 2022 ini. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Sentral Perry Warjiyo yang melakukan prosesi peluncuran .

Prosesi peluncuran 7 pecahan rupiah kertas tahun emisi 2022 secara resmi diluncurkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Sentral Perry Warjiyo pada Kamis (18/8/2022). Uang tersebut sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah republik Indonesia.

Bertepatan dengan HUT ke-77 RI, secara resmi tujuh uang kertas berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan.

Uang kertas baru tahun 2022 terdiri dari pecahan Rupiah kertas senilai Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2000, dan Rp1000.

Perry Warjiyo mengungkapkan bahwa peluncuran tersebut merupakan upaya penyediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya untuk masyarakat Indonesia yang menjadi wujud komitmen Bank Indonesia.

Masyarakat diajak untuk bangga dan paham dengan rupiah yang menjadi simbol kedaulatan pemersatu bangsa. Untuk mencapai Indonesia maju, diperlukan optimisme, semangat kebangsaan, dan adanya komitmen untuk pulih lebih cepat.

Berbagai cerita dan narasi tentang bangsa Indonesia tertuang dalam lembaran rupiah. Hal tersebut disampaikan oleh Sri Mulyani, dan rupiah layak dihormati dan dibanggakan.

Sebagai informasi, dalam pecahan uang kertas yang baru masih mempertahankan gambar pahlawan, tarian, pemandangan alam, dan flora.

Hal yang baru dalam uang rupiah kertas emisi 2022 diantaranya desain warna lebih tajam, lebih andalnya unsur pengaman, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik. Hal ini disampaikan oleh Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono.

Inovasi tersebut bertujuan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman digunakan, serta tidak mudah dipalsukan. Rupiah juga dapat semakin berkualitas, terpercaya, dan menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca berita RetensiID lainnya di: Google News RETENSI.ID