Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Ratu Elizabeth II Tutup Usia, Pertama dalam 262 Tahun Dimakamkan di Westminster Abbey

Triya Ayu

Bagikan

Ratu Elizabeth II Tutup Usia, Pertama dalam 262 Tahun Dimakamkan di Westminster Abbey

Triya Ayu

Bagikan

Ratu Elizabeth II
Ratu Elizabeth II (Foto: AFP)
Jakarta, Retensi.id – Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat di usia 96 tahun. Rangkaian prosesi pemakamannya akan berlangsung selama 10 hari.

Penyebab kematian Ratu Elizabeth II ini belum dinyatakan secara resmi oleh Kerajaan Inggris. Namun sebelum wafat, tim dokter monarki mengabarkan bahwa Ratu mengalami penurunan kondisi kesehatan sehingga sedang dalam pengawasan ketat.

Setelah dokter memutuskan memberikan perawatan dan pengawasan ketat, Ratu berada di Kastil Balmoral untuk tetap berasa di bawah pengawasan medis.

Saat dokter menunjukkan kekhawatiran terhadap kondisi Sang Ratu, anggota inti Kerajaan Inggris diminta untuk merapat. Pangeran Charles dan istrinya, Duchess of Cornwall segera menuju Balmoral. The Duke of York and the Count and Countess of Wessex pun demikian.

Putri Anne, Pangeran William, dan Pangeran Harry juga segera bergegas berada di sisi sang Ibunda.

Semasa hidupnya, wanita yang menjadi ratu di tahun 1952 silam ini tidak pernah dilaporkan mengidap penyakit serius dan jauh dari kabar sakit.

Keluarga kerajaan mengakui bahwa sejumlah pola hidup sehat seperti olahraga, memilah makanan, hingga kebiasaan ‘me time’ untuk menjaga kesehatan mental dilakukan oleh wanita kelahiran 21 April 1926 itu.

Namun Ratu Elizabeth ini sempat terserang Covid-19 pada bulan Februari lalu dengan gejala pilek ringan. Hal ini membuatnya batal menghadiri perayaan Platinum Jubilee untuk menandai 70 tahun sejak ia naik tahta. Pada Mei 2018 ia juga sempat menghilangkan katarak dengan menjalani operasi mata.

Kematian Ratu membuat gelar putra sulungnya, Charles, naik tahta sebagai Raja Charles III.

Prosesi

Rangkaian prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II akan berlangsung selama 10 hari.

Jasad Elizabeth akan dibawa dari Skotlandia ke Inggris untuk disemayamkan di Aula Westminster selama 3 hari pada pekan pertama. Publik diizinkan berkunjung selama 23 jam sehari.

Prosesi pemakaman harus sudah diselenggarakan dalam 10 hari di Westminster Abbey. Inggris juga akan mengheningkan cipta massal selama 2 menit.

Elizabeth merupakan anggota Kerajaan Inggris pertama yang upacara pemakamannya dilakukan di Westminster Abbey dalam 262 tahun terakhir. Sebelumnya, ada 30 raja dan ratu Inggris yang pernah dimakamkan di sana.

Usai dari Westminster Abbey, Elizabeth akan disemayamkan di Kapel Memorial Windsor yang berada di Kastil Windsor. Ia dimakamkan di tempat yang sama dengan makam ayahnya, Raja George VI, ibunya yaitu Ratu Elizabeth dan adik perempuannya, Putri Margaret.

Pemakaman Elizabeth juga akan bersamaan dengan mendiang suaminya, Pangeran Philip yang semula dimakamkan di Royal Vault Kapel St. George akan dipindahkan ke Kapel Memorial Windsor.

Baca berita RetensiID lainnya di: Google News RETENSI.ID