Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Review Film: Sleep (2023), Film Misteri Korea tentang Sleepwalking

Nove Wijaya

Bagikan

Review Film: Sleep (2023), Film Misteri Korea tentang Sleepwalking

Nove Wijaya

Bagikan

(2023) mengisahkan tentang pasangan suami istri, Hyun-su (diperankan Lee Sun-kyun) dan Soo Jin (diperankan Jung Yu-mi), yang terjerat dalam situasi menakutkan ketika sang suami mulai tidur berjalan (sleepwalking) dan bertingkah seperti orang lain setiap malamnya.

ini digarap oleh sutradara Jason Yu, yang mana menjadi karya film perdananya. Film Sleep membawa berbagai pemeran artis dan aktor yang memang sudah berpengalaman di film layar lebar, yaitu Jung Yu Mi, Lee Sun Kyun, Kim Gook Hee

Film ini mengisahkan tentang kehidupan dari pasangan suami istri, yaitu Hyun Soo dan Soo Jin. Keduanya menjalani kehidupan yang bahagia, Soo Jin juga mengalami masa kehamilan, dan berbagai peristiwa berjalan dengan baik seperti biasanya. Sampai pada suatu hari, Hyun Soo mengalami kejadian aneh, yakni gangguan tidur yang membuat dirinya berperilaku buruk saat tidur.

Mulanya, Hyun Soo hanya seperti mengigau saat tidur. Namun, perilaku tersebut kemudian menjadi lebih buruk, lebih aneh, dan tak terduga. Akhirnya, pasangan tersebut kemudian memutuskan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter mendiagnosa bahwa Hyun Soo mengalami REM sleep behaviour disorder.

Meski telah memeriksakan diri ke dokter, Hyun Soo tetap tak kunjung pulih. Perilakunya saat tidur justru semakin memburuk dan bisa membahayakan nyawa. Hyun Soo dan Soo Jin tak menyerah, mereka lalu mati-matian mencari bantuan untuk menyembuhkan Hyun Soo. Soo Jin membawa Hyun Soo ke tempat pengobatan alternatif lainnya atau tepatnya ke seorang dukun. Mulai dari saat itulah berbagai kejadian aneh dialami oleh Soo Jin dan Hyun Soo. 

Sleep menjadi film yang mengeksplorasi tantangan dalam kehidupan berumah tangga dengan cara unik dan ekstrem. Selain Soo-jin, Hyun-soo juga cukup menarik perhatian hingga akhir film. Meski menjadi beban istri, mertua, dan anak, Hyun-soo selalu mau mendengarkan pandangan dan kekhawatiran Soo-jin dalam hal apapun, terutama ketika ia sendiri merasa hal-hal yang disampaikan istrinya itu tidak masuk akal.

Sleep juga tetap bisa menimbulkan efek tak nyaman saat menonton meski sangat minim jumpscare. Semua berkat plot yang didukung permainan cahaya, hingga efek suara yang sudah ia dalami sejak dua seri Along with the Gods. Walau ada sedikit catatan untuk akhir film ini, Sleep menjadi debut Jason Yu untuk membuktikan dirinya adalah pendatang baru yang karya dan garapannya layak dinantikan di masa mendatang.

Baca berita RetensiID lainnya di: Google News RETENSI.ID