Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Sumitomo dan Jafco Suntik Startup Komunal Rp85 Miliar

Shaskya Dwi

Bagikan

Sumitomo dan Jafco Suntik Startup Komunal Rp85 Miliar

Shaskya Dwi

Bagikan

Startup Fintech Komunal

JAKARTA, RETENSI.ID Corporation Equity Asia dan Asia memimpin pendanaan seri A US$ 5,5 juta atau sekitar Rp 85 miliar teknologi finansial atau fintech

Kabar terkait pendanaan sebesar US$ 5,5 juta bagi startup teknologi finansial atau fintech Komunal itu pertama kali dilaporkan oleh DealStreetAsia, berdasarkan pengajuan ke Otoritas Akuntansi dan Regulasi Singapura (ACRA), sebagaimana dikutip via Katadata.co.id, Rabu (3/1/2024).

Perlu diketahui, Sumitomo Corporation Equity Asia merupakan perusahaan modal ventura asal Hong Kong yang mendorong inovasi di Cina dan Asia Tenggara. Investasi perusahaan ini berfokus pada sektor enterprise IT, big data, cybersecurity, kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI), Internet of Things alias IoT, digital marketing, fintech, serta digital healthcare.

Sementara itu, JAFCO Asia merupakan perusahaan modal ventura yang berinvestasi di pasar Asia Pasifik. Perusahaan ini berfokus pada startup early hingga growth stage dengan pertumbuhan tinggi.

Sektor yang diincar oleh JAFCO Asia termasuk teknologi seluler dan internet, konsumen dan layanan terkait, keamanan siber, medis atau perawatan kesehatan, serta energi terbarukan. Induk JAFCO Asia yakni JAFCO Co, Ltd merupakan perusahaan modal ventura terbesar di Jepang yang berdiri sejak 1973.

Pada Januari 2023, Komunal meraih pendanaan US$ 8,5 juta atau sekitar Rp 132 miliar yang dipimpin oleh East Ventures. Investor lain yang berpartisipasi yakni AlphaTrio Sustainable Technology Fund, Skystar Capital, Sovereign’s Capital, Ozora and Gobi Partners.

Komunal memiliki dua lini bisnis, yaitu DepositoBPR by Komunal merupakan aplikasi marketplace pertama untuk produk Deposito BPR dan Komunal P2P Lending, platform pinjaman online alias fintech lending yang menghubungkan UMKM berpotensi dengan para pemberi dana (lender).

Baca berita RetensiID lainnya di: Google News RETENSI.ID