Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Kejahatan Internet Makin Marak! Ini Dia 3 Tips Penting Jaga Keamanan dan Privasi di Internet

Jati Febriansyah

Bagikan

Kejahatan Internet Makin Marak! Ini Dia 3 Tips Penting Jaga Keamanan dan Privasi di Internet

Jati Febriansyah

Bagikan

Hacker di internet

JAKARTA, RETENSI.ID – Dalam era digital yang semakin canggih, dan privasi menjadi hal yang semakin penting untuk diperhatikan. Apalagi melihat maraknya kasus kejahatan seperti hacking, dan penyalagunaan data di internet. Untuk itu, diperlukan usaha untuk melindungi data kamu di internet. Berikut kami berikan tiga tips penting yang dapat membantu kamu untuk menjaga keamanan dan privasi saat berada di internet.

1. Gunakan Kata Sandi yang Kuat dan Unik saat Membuat Akun
internet diwajibkan untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap akun online mereka. Hindari penggunaan kata sandi yang mudah ditebak atau umum. Kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter khusus dapat membuat kata sandi lebih sulit diakses oleh pihak yang tidak berwenang. Menerapkan kebijakan penggunaan kata sandi yang kuat dapat menjadi pertahanan pertama yang efektif saat berselancar di internet.

2. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor
Autentikasi dua faktor memberikan lapisan keamanan tambahan dengan meminta tambahan selain kata sandi untuk akun kamu. Pengguna diimbau untuk mengaktifkan Autentikasi dua faktor di setiap akun online yang mendukung fitur ini. Dengan fitur ini, bahkan jika kata sandi diketahui oleh pihak yang tidak berwenang, akses ke akun tetap terlindungi melalui langkah keamanan tambahan.

3. Perbarui Sistem dan Kamu Secara Berkala
Penting bagi pengguna internet untuk secara memperbarui sistem operasi, perangkat lunak antivirus, dan aplikasi yang mereka gunakan. Perbaruan tersebut seringkali mencakup perbaikan keamanan yang dapat melindungi perangkat dari ancaman terbaru. Melalui pembaruan rutin, pengguna dapat memastikan bahwa keamanan perangkat mereka tetap terjaga dan informasi pribadi tidak rentan terhadap eksploitasi dan penyalahgunaan oleh akun yang tidak bertanggungjawab.

Baca berita RetensiID lainnya di: Google News RETENSI.ID