Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

5 Tips Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh d Musim Hujan

Nove Wijaya

Bagikan

5 Tips Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh d Musim Hujan

Nove Wijaya

Bagikan

Hujan Jakarta
Image: Setkab

Indonesia kini telah memasuki yang disertai dengan perubahan cuaca, peningkatan kelembaban, dan risiko penyebaran infeksi tertentu. Saat musim hujan, sistem kekebalan tubuh menjadi rentan terserang berbagai penyakit. Karena itu, tindakan pencegahan menjadi salah satu kunci untuk menjaga sistem kekebalan tubuh saat menghadapi musim hujan.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ketika musim hujan, diantaranya peningkatan kelembaban dan penurunan suhu. Kelembaban yang tinggi dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur. Suhu yang lebih rendah juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, membuatnya lebih rentan terhadap infeksi.

Dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh secara keseluruhan selama musim hujan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan di musim hujan yang perlu diterapkan guna mencegah tubuh terserang penyakit.

1. Mengonsumsi vitamin
Agar kesehatan tetap terjaga selama musim hujan, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, khususnya vitamin C dan D. Vitamin ini penting karena mampu meningkatkan imunitas tubuh. Bila daya tahan tubuh kuat, penyakit flu dan pilek tidak mudah menyerang di musim hujan.

2. Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang
Asupan makanan yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein sehat, mendukung sistem kekebalan tubuh. Mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh diketahui dapat membantu sistem imun bekerja secara optimal, sehingga menurunkan risiko tubuh terserang penyakit.

3. Istirahat yang cukup
Pastikan mendapatkan istirahat dan waktu tidur yang cukup setiap malam. Tidur selama delapan jam dalam semalam dapat membuat tubuh menjadi rileks dan bugar untuk menjalani aktivitas di hari berikutnya. Selain itu, tidur yang cukup juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah flu serta penyakit lainnya selama musim hujan.

4. Berolahraga secara rutin
Selanjutnya, menjaga sistem kekebalan tubuh di musim hujan yang juga perlu dilakukan ialah berolahraga secara rutin. Musim hujan yang menyebabkan cuaca menjadi lembab dan dingin sering membuat kita menjadi malas, padahal tetap harus berolahraga agar metabolisme tubuh terjaga. Kita dapat melakukan olahraga ringan seperti sit-up, push-up,
dan lari-lari kecil ditempat secara rutin di musim hujan agar tubuh selalu dalam kondisi prima dan bugar.

5. Menjaga kebersihan diri
Terakhir, agar tidak mudah terserang penyakit juga harus menjaga kebersihan diri dengan baik. Cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan setelah makan, serta setelah batuk, bersin, membuang sampah dan menggunakan kamar mandi. Selain itu, jika kehujanan selama perjalanan dari luar, maka sebaiknya segera mandi agar tidak terkena virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu cara untuk memperkuat daya tubuh selama musim hujan adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang menyehatkan tubuh, seperti mengandung vitamin dan mineral. , perusahaan yang mengolah hasil pertanian menjadi produk berkualitas menawarkan smoothies yang dapat dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan gizi individu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh di musim hujan.

“Di musim hujan yang lembab, virus atau bakteri lebih mudah berkembang biak. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan gizi. Bila dikonsumsi secara rutin, smoothies bisa mengurangi risiko terkena penyakit ketika musim hujan,” ujar selaku CEO Fruyee.

Minuman sehat seperti smoothies adalah sumber zat gizi penting, seperti vitamin, mineral dan serat yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan dan membantu menjaga imunitas tubuh ketika musim hujan. Selain itu, minum smoothies bisa menjadi pilihan camilan yang sehat dan menyenangkan, terutama jika menggunakan bahan-bahan alami dan menghindari tambahan gula untuk mendapatkan nutrisi yang lebih banyak dari bahan-bahan tersebut.

Menjaga kebiasaan sehat sepanjang hari, termasuk saat musim hujan, dapat membantu membangun dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Selain langkah-langkah yang telah dipaparkan, kita juga dapat mengambil tindakan internal dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh kita dengan mengonsumsi Fruyee smoothies.

Baca berita RetensiID lainnya di: Google News RETENSI.ID