Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Ponpes Al-Zaytun Ramai Desakan Investigasi usai Diduga Menyimpang

Jati Febriansyah

Bagikan

Ponpes Al-Zaytun Ramai Desakan Investigasi usai Diduga Menyimpang

Jati Febriansyah

Bagikan

Ridwan Kamil dan Ponpes Al-Zaytun

INDRAMAYU, RETENSI.ID – Berbagai desakan datang pada Al-Zaytun usai video sebagai pimpinan ponpes melakukan Yahudi viral beberapa lalu. Pesantren tersebut diduga menyimpang dari ajaran jika dilihat dari gaya berbicara pimpinannya itu. Salah satu pihak yang mendesak pesantren tersebut untuk dilakukan investigasi adalah Gubernur Jawa Barat yang mengatakan jika tim investigasi gabungan akan memanggil pengurus Ponpes Al-Zaytun secara bergilir pada hari Kamis dan Jumat tanggal 22-23 Juni. Mereka akan diperiksa terkait dengan penyimpangan di ponpes tersebut.

“Yang saya tahu, hari Kamis dan Jumat pengurus pesantren Al-Zaytun akan dipanggil untuk memberikan keterangan klarifikasi kepada tim investigasi yang dibentuk oleh gubernur,” ucap Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung pada Rabu (21/06/23).

Desakan lainnya datang dari Wakil Sekjen Ikhsan Abdullah yang meminta pemerintah melakukan pembinaan “waspada ideologi menyimpang” kepada seluruh yayasan pendidikan dan pengurusnya di Indonesia.

“Artinya bukan menyimpang pesantrennya, tetapi adalah para pengurus yayasannya terutama Panji Gumilang ini,” ucap Ikhsan.

Terakhir muncul desakan dari mengenai pesantren tersebut. Polri diketahui akan menelusuri ada tidaknya dugaan unsur pidana pelencengan ajaran di Pondok Pesantren Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat.

“Kita harus melihat apakah ada pelanggaran pidana di situ,” ucap Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan pada hari Kamis (22/06/23).

Baca berita RetensiID lainnya di: Google News RETENSI.ID