JAKARTA, RETENSI.ID – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak diaspora (warga Indonesia yang berada di luar negeri) untuk turut aktif dalam mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Indonesia di ranah pasar internasional melalui brand Wonderful Indonesia.
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno melalui webinar bertajuk “Indonesia Tourism Beyond Borders” pada hari Rabu (10/05/2023) mengatakan jika dalam rangka mempromosikan potensi parekraf di Indonesia maka diperlukan kolaborasi yang kuat dari berbagai pihak. Termasuk dari diaspora Indonesia di luar negeri
“Dengan menguatkan sinergi dan kolaborasi, sektor parekraf diperkirakan akan bangkit lebih kuat dan target 8,5 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2023 dapat tercapai serta memberikan manfaat ekonomi untuk masyarakat Indonesia,” ucap Sandiaga dalam webinar.
Untuk mendukung pernyataannya, Sandiaga mencontohkan sebuah momen pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 yang diadakan di Labuan Bajo, Nusa tenggara Timur (NTT) yang mendapatkan respons positif dari negara-negara anggota delegasi.
“Momen penyelenggaraan KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo menjadi salah satu bukti bahwa destinasi Indonesia tidak hanya indah alamnya tetapi juga memiliki masyarakat yang ramah, budaya yang inspiratif serta fasilitas dan atraksi berkelas dunia,” ucap Sandiaga dalam webinar membuktikan jika destinasi Indonesia banyak potensinya.