Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Lahirnya Anakan Badak Putih di Taman Mini Bogor

Jati Febriansyah

Bagikan

Lahirnya Anakan Badak Putih di Taman Mini Bogor

Jati Febriansyah

Bagikan

, RETENSI.ID – Indonesia digembirakan dengan kelahiran seekor anakan Afrika di Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor, Jawa Barat pada hari Jumat (07/04/23). Anak tersebut lalu dinamai Ramadani Jumat Agung atau disingkat Raja. Berita kelahiran anak badak ini dikonfirmasi oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Badak Indonesia.

“Adalah Juma, indukan badak putih Afrika yang baru saja melahirkan anakan baru pada hari Jumat sekitar pukul 19.59 WIB. Kita namai Ramadani Jumat Agung (Raja), karena lahir di bulan suci Ramadhan 2023 dan bertepatan saat perayaan Jumat Agung,” ucap Ketua Dewan Pembina Yayasan Badak Indonesia, Letjen TNI (Purn) Dodik Widjanarko, pada hari Sabtu (08/04/23).

Ketua Umum YABI dan founder Taman Safari Bogor, Jansens Manansang mengatakan jika anak badak itu lahir dari indukan badak betina yang bernama Juma dan indukan badak jantan yang bernama Merdeka, mereka berdua adalah sepasang badak yang sudah berusia 20 tahun.

Jansens juga menyatakan jika upaya pelestarian badak putih di Indonesia akan terus dilakukan dengan berbagai cara agar tidak terjadi kepunahan bagi spesies langka yang dilindungi ini.

“Kami siapkan beberapa strategi selain perkawinan alami. Ini kami lakukan untuk terus mempertahankan populasi badak di Tanah Air yang sudah hampir punah ini dan agar anak cucu kita bisa melihat langsung bagaimana wujud dan bentuk satwa badak ini turun-temurun,” jelas Jansens.

Baca berita RetensiID lainnya di: Google News RETENSI.ID