Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Raih Nilai Tertinggi, Trakindo Dinobatkan Sebagai Best Employers Indonesia 2023

Retensi

Bagikan

Raih Nilai Tertinggi, Trakindo Dinobatkan Sebagai Best Employers Indonesia 2023

Retensi

Bagikan

RETENSI.ID – Penyedia solusi alat berat di Indonesia PT Utama (Trakindo) dinobatkan sebagai salah satu perusahaan terbaik di Indonesia dalam menciptakan pengalaman kerja yang luar biasa bagi karyawan dengan kategori Best Employers 2023 oleh perusahaan konsultan SDM global Kincentric.

Melampaui itu, bahkan tingginya angka keterlibatan karyawan berhasil membawa Trakindo untuk mendapat penghargaan tambahan, yakni pengakuan khusus sebagai salah satu perusahaan dengan keterlibatan karyawan tertinggi atau Most Engaged Workplace.

Tercatat bahwa Trakindo secara konsisten terus menunjukkan peningkatan skor dalam 6 tahun terakhir, bahkan skor keterlibatan karyawan pada tahun ini mencapai 95% atau meningkat 5% dari tahun sebelumnya. Raihan pencapaian tersebut mengindikasikan bahwa karyawan memiliki pengalaman kerja yang positif, sehingga menumbuhkan komitmen emosional dan intelektual yang tinggi terhadap perusahaan.

Menyambut baik pencapaian Trakindo tahun ini, Chief Administration Officer Trakindo Yulia Yasmina menjelaskan bahwa sejalan dengan misi perusahaan, yakni membangun perusahaan yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang layak dan berkualitas bagi sebanyak mungkin rakyat Indonesia, Trakindo senantiasa konsisten mengusung Winning Culture Mindset kepada karyawan.

“Pencapaian ini sangatlah penting bagi kami untuk mengukur komitmen emosional dan intelektual karyawan terhadap perusahaan, sehingga kami bisa mencapai keberlanjutan organisasi dan menjadi yang terbaik dalam bisnis, dengan terus menciptakan lingkungan yang nyaman, saling mendukung, serta kesempatan untuk berkembang bagi karyawan,” jelas Yulia.

Pada tahun ini sebanyak 7.894 orang atau 100% karyawan Trakindo dari seluruh Indonesia ikut berpartisipasi dalam merespons survei yang dilakukan. Respons tersebut didapatkan melalui metode survei dari 21 November hingga 6 Desember 2023, melalui 69 pertanyaan tertutup serta 6 pertanyaan terbuka kepada setiap karyawan.

Berdasarkan hasil survei tercatat sebanyak 95% karyawan Trakindo telah merasakan keterikatan yang kuat dengan perusahaan. Selain itu, terungkap juga bahwa tahun ini karyawan Trakindo merasakan peningkatan pengalaman yang lebih baik dari sisi Rewards & Recognition, Senior Leadership, Work Life Balance, dan Trust in Actions.

Direktur Kincentric Singapura Andrew How menjelaskan bahwa komitmen Trakindo yang konsisten dalam melibatkan karyawannya telah membuahkan pengakuan sebagai salah satu perusahaan terbaik dengan kategori Best Employers 2023 dari Kincentric.

“Setelah lebih dari satu dekade fokus pada keterlibatan karyawan, Trakindo telah mencapai nilai tertinggi dan kini berhak menyandang status bergengsi sebagai salah satu perusahaan terbaik dengan kategori Best Employers 2023 versi Kincentric, dengan hasil yang melampaui rata-rata perusahaan lain di Indonesia. Kincentric pun merasa bangga atas kemitraan jangka panjang ini dengan Trakindo, dan berharap dapat mempertahankan kolaborasi ini di masa depan,” kata Andrew.

Hasil survei Kincentric juga menyebutkan bahwa karyawan Trakindo dinilai merasa puas dari berbagai aspek, meliputi dukungan dalam perkembangan dan kemajuan karier karyawan, kebanggaan sebagai bagian dari Trakindo, serta merasa kolaborasi karyawan terjalin sangat baik melalui komunikasi yang jelas dan terbuka. Karyawan menilai bahwa Trakindo cukup efektif dan luar biasa dalam berinovasi (kepuasan karyawan 94%).

Selain itu, sebagian besar karyawan juga berpendapat bahwa Trakindo sangat memperhatikan dan memfasilitasi karyawan dengan menyediakan teknologi mutakhir untuk melakukan pekerjaannya dengan maksimal (kepuasan karyawan 94%).

Karyawan juga berpendapat bahwa Trakindo dapat menumbuhkan budaya kolaborasi dalam organisasi yang baik (kepuasan karyawan 91%) sehingga antardivisi di perusahaan dapat saling bersinergi dengan baik dan menciptakan tim yang memiliki brand spirit Advancing You Forward.

“Diraihnya penghargaan ini tidak lepas dari hasil kerja keras seluruh keluarga besar Trakindo yang selalu berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi karyawan. Kami berharap ke depannya prestasi ini dapat terus kami pertahankan dan memberikan dampak positif bagi seluruh karyawan, pelanggan, dan juga masyarakat secara keseluruhan,” tutup Yulia.

PT Trakindo Utama adalah penyedia solusi alat berat Caterpillar yang berkelas dunia di Indonesia. Didirikan pada tahun 1970 oleh pencetusnya, AHK Hamami (alm.), Trakindo kemudian menjadi distributor resmi untuk Caterpillar di tahun 1971. Trakindo memiliki fasilitas yang berkelas internasional serta jaringan luas di lebih dari 75 cabang di seluruh Indonesia, untuk melayani dan memajukan seluruh pelanggannya dari Sabang sampai Merauke. Dukungan alat berat yang dimiliki Trakindo diperuntukkan bagi industri pertambangan, konstruksi, kehutanan dan perkebunan, kelautan, minyak dan gas bumi, serta kelistrikan.

Baca berita RetensiID lainnya di: Google News RETENSI.ID